1.1.15

Tangan Juga Butuh Disayang Lho


Tidak hanya wajah, area kulit tangan pun kerap dihinggapi berbagai masalah. Sayangnya, tangan sering diabaikan karena kebanyakan perempuan lebih fokus pada perawatan wajah.


 Padahal, kulit tangan termasuk bagian sensitif yang paling mudah mengalami penuaan dini. Bayangkan, jika area wajah kerutan mulai timbul secara nyata ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, tangan kulit terlihat kasar dan kering sudah mulai muncul ketika seseorang berusia 20-an tahun. ”Tangan paling sering terekspos sinar matahari. Selain itu kulit tangan juga lebih tipis dibandingkan kulit muka. Sehingga tanda penuaan lebih cepat terlihat. Karenanya, penting untuk merawat kulit tangan sejak dini, agar terjaga kelembaban dan kehalusannya,” kata dr Dewi Inong Irana, SpKK.

Selain itu, tangan juga bisa dikatakan bagian tubuh yang paling bekerja keras. Setiap hari kita menggunakan tangan untuk segala aktivitas. Akibatnya, kulit menjadi kering, keriput, dan tidak segar. ”Tangan selalu terkena sinar matahari dan temperatur yang ekstrim. Pada usia 30, produksi sel kulit mulai berkurang hingga 10 persen. Kulit bagian tanganlah yang paling menandakan keadaan kulit. Jadi, dibutuhkan perawatan tertentu agar kulit tangan tetap sehat,” kata dokter yang praktik di RSIA Permata Cibubur ini.

 Kulit tangan yang terlihat kasar dan kusam ini sebenarnya terjadi dari dalam (intrinsic). Biasanya diturunkan secara genetik, tapi bisa juga dipengaruhi berbagai faktor. Misalnya pola makan salah, perawatan kulit tidak benar, pengaruh polutan, stres, cuaca, terkena paparan sinar matahari secara langsung, kurang istirahat, hingga kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

 Itulah yang menyebabkan kulit tangan menjadi cepat keriput, kusam dan tidak segar. Untuk itu, lakukan perawatan tangan sedini mungkin, secara tepat dan rutin.

Sesuaikan Usia

Sebagaimana kulit wajah, kondisi tangan juga tergantung usia seseorang. Sehingga pada usia tertentu perlu perlakuan yang berbeda.

*Usia 20 –an

Pada usia ini kulit tangan masih segar, kenyal dan cukup lembut. Untuk itu belum butuh perawatan khusus. Cukup lakukan:
-Pelembab Tangan
Bermanfaat untuk mencegah kulit menjadi kering, akibat paparan sinar matahari dan penyebab lainnya. Oleskan minimal tiga kali sehari, terutama setelah mandi atau mencuci tangan.
-Tabir Surya
Bermanfaat untuk mencegah munculnya flek hitam. Oleskan tabir surya yang mengandung anti UVA dengan kandungan SPF 30. Oleskan mulai dari punggung tangan hingga pergelangan tangan.
-Scrubbing/Peeling
Bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu penyerapan pelembab ke dalam kulit. Lakukan seminggu sekali.

*Usia 30-an

Pada usia ini proses penuaan mulai muncul. Kerutan terlihat mulai dari jari-jari hingga pergelangan tangan. Dengan kondisi itu, perawatan kulit harus lebih intensif. Untuk meningkatkan kekenyakan kulit dan mencegah makin nampaknya kerutan.
Pada usia ini selain lebih sering mengoleskan pelembab tangan, tabir surya dan peeling, juga memberikan krim malam pada tangan. Krim malam ini berguna untuk menutrisi serta regenerasi kulit.

*Usia 40-an

Pada usia ini permasalahan makin kompleks. Kerutan semakin jelas, kulit juga menjadi lebih kering dan kusam. Tidak hanya itu, noda kecokelatan yang tidak merata juga mulai terlihat.
Pelebaran pembuluh darah atau urat tangan yang kian menonjol termasuk masalah yang juga dihadapi perempuan pada usia ini. Itu disebabkan metabolisme tubuh dan regenerasi sel kulit yang kian menurun.

Untuk itu pada usia 40-an butuh perawatan ekstra, seperti:

-Pelembab Khusus
Pilih pelembab yang mengandung liposom, kolagen dan hilunorat. Itu untuk melembabkan dan mencegah kekeringan pada tangan, karena pada usia 40-an tahun, kulit menjadi lebih kering.
-Krim Anti Kerut
Oleskan krim anti kerut yang mengandung AHA (Anti Hydoxi Acid) dan BHA (Beta Hydoxi Acid). Zat itu berguna untuk mencegah munculnya kerutan dan mempercepat peremajaan kulit tangan. Gunakan pada malam hari mulai dari jari-jari hingga punggung tangan.

Kebiasaan Mudah untuk Kulit Tangan Sehat

Selain perawatan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit tangan yang indah. Yaitu:

-Konsumsi Multivitamin

Dosis cukup vitamin A, B kompleks, C, dan E dapat memperbaiki kulit. Vitamin C dan E khususnya sangat penting untuk menangkal efek buruk paparan sinar matahari.
Vitamin A membantu menjaga dan memperbaiki jaringan kulit, sementara vitamin B kompleks sangat penting bagi kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Anda juga dapat mengoleskan produk yang mengandung vitamin ini ke tangan.

-Konsumsi Ikan

Sarden, mackerel, tuna segar dan ikan berminyak lainnya mengandung asam lemak esensial (EFA), yang merupakan lemak baik. EFA menjaga kelembaban kulit dan mengurangi perandangan. Zat tersebut juga memiliki fungsi ganda karena baik untuk jantung.

-Jangan Lupakan Manikur

Lakukan manikur secara teratur, baik di rumah mau pun di salon. Manikur membantu menjaga kutikula tetap lembab dan kuku sehat.

-Gunakan Sarung Tangan Saat Beraktivitas

Kenakan sarung tangan karet setiap kali Anda melakukan aktivitas mencuci piring, membersihkan kamar mandi, atau berkebun. Sarung tangan karet dapat melindungi tangan dari zat-zat kimia dan air panas, yang membuat tangan kering dan merusak kulit.
-Jangan Lupakan Krim Malam
Menjelang tidur malam, lapisi tangan dengan krim pelembab kental. Balut tangan menggunakan sarung tangan katun. Pagi hari, kulit tangan terlihat lembut dan kenyal.*
(Sumber merdeka.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...