31.1.15

Gaya Hidup Sehat Cegah 4 dari 10 Kasus Kanker


Meski tidak bisa menjamin seseorang tak akan terkena kanker, tapi setidaknya membantu mengurangi risiko kanker.

Gaya hidup sehat memang memberi sejuta manfaat untuk menangkal penyakit.

Sebuah penelitian baru-baru ini bahkan menemukan 600.000 kasus kanker di Inggris bisa dcegah selama lima tahun terakhir jika orang menggalakkan gaya hidup sehat.

Bahkan para peneliti berani menjamin, 4 dari 10 kasus kanker bisa dicegah seiring dengan gaya hidup sehat yang dijalani oleh seseorang.

Rokok masih jadi penyebab utama penyakit kanker di Inggris. Terhitung lebih dari 314.000 kasus kanker dalam lima tahun terakhir disinyalir, karena kebiasaan merokok yang berlangsung lama.

Hal senada juga ditimpali Cancer Research UK yang mengatakan bahwa 145.000 kasus kanker bisa dicegah jika seseorang menjalani pola diet seimbang, yakni diet rendah kalori, menghindari konsumsi daging merah berlebihan, mengurangi garam, dan meningkatkan asupan sayur, buah, dan serat.


Menghindari kebiasaan minum alkohol juga harus dilakukan orang yang tak ingin menyimpan potensi kanker dalam tubuhnya. Bahkan di Inggris peneliti menganalisis orang-orang yang gemar berjemur di bawah sinar matahari sembari melakukan aktivitas fisik ternyata memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker.

"Menjalani gaya hidup sehat memang tidak bisa menjamin seseorang tidak akan terkena kanker, tetapi terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker di masa mendatang," kata Profesor Max Parkin, seorang ahli statistik Cancer Research UK di Queen Mary University of London.

Sependapat dengan Parkin, Linda Bauld, pakar dari Cancer Research UK mengatakan bahwa 200 jenis kanker berpotensi muncul karena gen dan gaya hidup. Dengan melakukan hidup sehat, tentu risiko yang ada bisa dikurangi atau bahkan ditiadakan.

"Ada cara untuk meminimalkan risiko kanker, seperti berhenti merokok, melakukan aktivitas fisik, menghindari alkohol dan mencegah obesitas. Kita harus memastikan masyarakat dan pembuat kebijakan mengetahui bukti di balik manfaat gaya hidup sehat ini," tambah Bauld.
(Sumber Suara.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...