31.1.15

Timbul Bintik Putih di Mata, Awas Gejala Kanker!


Gejala kanker retinoblastoma ini sering dianggap sepele oleh orangtua.

Meski jumlahnya hanya berkisar 2-4 persen dari seluruh kasus, kasus kanker pada anak tidak bisa dianggap enteng. Jumlahnya terus meningkat tiap tahunnya.

Di antara kasus kanker yang paling banyak dialami anak salah satunya adalah kanker mata atau retinoblastoma. Sesuai namanya, jenis kanker ini menyerang mata dan bisa membuat anak kehilangan indra penglihatannya.

Menurut pendiri Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Ira Soelistyo, kanker ini ditandai dengan adanya bintik putih pada mata dan mendadak juling. Umumnya kasus ini dialami anak usia di bawah 4 tahun.


"Meski saya bukan dokter, tapi berdasarkan apa yang saya lihat dan dengar dari anak-anak penderita kanker mata yang ada di rumah singgah kami, gejala awalnya adalah ada bintik putih kecil di mata lalu menjadi julling. Karena kecil biasanya sering disepelekan oleh para orangtua," ujarnya saat acara "Hair for Love" di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Lebih lanjut, bercak putih ini seolah-olah bersinar bila terpantul cahaya seperti mata kucing. Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah penglihatan yang terganggu, mata tampak lebih besar, adanya pendarahan dan bila sudah parah maka bola mata akan menonjol keluar.

Bila menemui gejala ini pada anak, sebaiknya para orangtua, saran Ira, segera membawa anaknya untuk menemui dokter spesialis kanker anak. Semakin cepat tertangani, maka semakin besar pula harapan kesembuhan bagi anak penderita kanker.

"Jika dideteksi lebih awal harapan hidup anak penderita kanker lebih tinggi dibanding kasus kanker yang menyerang orang dewasa. Oleh karena itu. mari kenali gejala kanker agar kita bisa mendeteksi lebih awal gejala kanker pada diri sendiri atau orang terdekat kita," tutupnya.
(Sumber Suara.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...