23.1.15

Aturan Minum Air Saat Olahraga


Normalnya, suhu tubuh berada diantara 36,1-37,2 derajat Celsius. Suhu normal tersebut harus tetap terjaga agar proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik.  Namun, ketika Anda melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, akan terjadi peningkatan suhu.

Hal tersebut karena adanya peningkatan kebutuhan energi untuk kerja otot rangka. Peningkatan ini berasal dari peningkatan pembakaran zat makanan sumber energi seperti karbohidrat dan lemak.  Proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi sumber energi inilah yang akhirnya meningkatkan suhu tubuh hingga diatas normal.

Saat olahraga, suhu bisa mencapai 40 derajat Celsius. Dalam kondisi ini, tubuh akan melakukan proses pelepasan panas tubuh. Salah satunya adalah dengan berkeringat. Semakin tinggi suhu tubuh Anda, maka akan semakin banyak keringat yang keluar. Artinya, semakin banyak pula cairan tubuh yang dikeluarkan. Untuk itu Anda harus tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan konsumsi air pengganti. Jika tidak segera diganti, maka Anda akan mengalami cedera.

American College of Sport Medicine mengeluarkan anjuran konsumsi iar sebelum, saat, dan setelah berolahraga sebagai berikut:


Sebelum latihan. Empat jam sebelum olahraga dianjurkan minum 500-600ml air putih. Apabila, 2 jam setelah minum Anda tidak berkemih atau berkemih namun warna urin gelap (kuning tua), maka dianjurkan untuk minum lagi sebanyak 3-5ml/Kg berat badan. Misal, jika berat badan Anda 60kg, maka minum 180-300ml. selanjutnya, sekitar 10-15 menit sebelum latihan dianjurkan untuk kembali mengonsumsi 250-300ml air. Jangan lupa untuk menimbang berat badan Anda.

Saat latihan. Mengonsumsi air saat latihan bergantung pada intensitas dan durasi olahraga. Bila Anda berolahraga kurang dari 60 menit, maka minum 100-250ml air putih tiap 15-20 menit latihan. Jika durasi latihan Anda lebih dari 60 menit, dianjurkan untuk konsumsi sport drink atau penambah energi dengan aturan yang sama. Minuman sport drink juga dianjurkan untuk dikonsumsi jika Anda berolah raga dalam intensitas yang tinggi. Seperti lari cepat jarak pendek , olahraga permainan, atau angkat berat.

Setelah latihan. Setelah latihan fisik, coba timbang kembali berat badan Anda.  Berkurangnya berat Anda tidak mengindikasikan berkurangnya lemak dalam tubuh Anda melainkan berkurangnya cairan tubuh. Minum 600-700ml air putih atau sport drink untuk setiap 0,5 kg penurunan berat badan. Lakukan sedikit demi sedikit sampai berat badan kembali seperti sebelum olahraga.
(Sumber  http://www.readersdigest.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...