28.1.15

Tips Memilih Obat Alami Penyembuh Sariawan

 Moga Bermanfaat yaa infonya...:)
Sariawan adalah suatu jenis penyakit yang menyerang mulut kita.  Sariawan biasanya terjadi karena alergi, mengkonsumsi minuman dan makanan panas dan pedas, luka karena tergigit atau pun karena kekurangan vitamin C dan zat besi.

Akibat adanya sariawan pada mulut, penurunan nafsu makan pun tak dapat di pungkiri. Adanya rasa sakit atau perih jika makan dan minum akan membuat kita malas untuk mengkonsumsi sesuatu. Tapi jangan biarkan sariawan ini menghalangi makan dan minum kita, yuk kita ulas 6 bahan alami yang dapat sembuhkan sariawan.

1.      Campuran pisang dan madu
Buah pisang mengandung vitamin C, untuk mengobati sariawan secara alami pisang bisa dijadikan obatnya. Caranya dengan menghaluskan pisang, bisa dengan sendok ataupun dengan blender, lalu tambahkan madu ke dalam pisang yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian, oleskan campuran pisang dengan madu tadi kesariawan. Campuran ini berguna untuk mencegah peradangan yang lebih lanjut terhadap sariawan.

2.      Air kelapa
Selain dipercaya untuk menggantikan cairan tubuh dan nbaik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa jugamengandung vitamin C yang  mampu mengatasi sariawan. untuk lebih efektif proses penyembuhannya maka disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa hijau.

3.      Bawang putih
Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat sariawan, karena dalam bawang putih terkandung vitamin C. jika bawang putih ini dijadikan obat sariawan, caranya yaitu dengan menumbuk kasar bawang putih, lalu tempelkan pada sariawan. hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

4.      Daun jambu biji
Daun jambu biji selain dapat menyembuhkan diare ternyata juga mampu mengobati sariawan. caranya yaitu ambil satu genggam pucuk daun jambu biji, dan 1 potong kulit batang jambu biji. Kemudian rebus bahan-bahan secara bersamaan dalam  2 gelas air hingga mendidih.  Kemudian saring air rebusan dan tempatkan di gelas. Minum 2x sehari.

5.      Daun sirih
Daun sirih hijau mempunyai kegunaan sebagai obat penyembuh sariawan caranya dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih, kemudian diamkan pada area sariawan. jika tidak mau untuk mengunyahnya cara berikutnya adalah dengan merebus 2-3 lembar daun sirih ke dalam 1 gelas air, biarkan hingga mendidih. Lalu saring airnya dan gunakan untuk berkumur. Daun sirih dapat mengurangi bau mulut karena sariawan dan menghilangkan bakteri penyebab sariawan.

6.      Kunyit
Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur kunyit juga mempunyai manfaat sebagi obat, dari obat penyakit lambung atau pencernaan sampai obat sariawan. untuk mengobati luka sariawan caranya yaitu dengan mencuci kunyit hingga bersih kemudian tumbuh, lalu tambahkan dengan satu sendok teh gliserin, lalu aduk hingga tercampur. Setelah 2 bahan ini tercampur lalu oleskan pada luka sariawan.
 Dengan bahan alami ini proses penyembuhan memang terkatagorikan lama. Tetapi dampak untuk tubuh juga baik dibandingkan proses penyembuhan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Selamat mencoba.(Sumber : Ummi)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...