24.1.15

Kendalikan Nafsu Makan dengan Intuisi


Intuisi dibutuhkan tak hanya ketika kita memilih calon suami, memelihara relasi dengan anak, atau dalam berbisnis, tapi juga dalam hal makan. Mengandalkan intuisi dalam urusan makan, atau yang disebut intuitive eating adalah suatu cara untuk membebaskan Anda dari emotional eating: makan tak terkendali karena sedih atau kecewa, dan menyesal habis-habisan setelahnya.


Intuitive eating merupakan pendekatan yang mengajarkan cara menjalin hubungan yang sehat antara kita dengan makanan, kita dengan tubuh, dan kita dengan pikiran. Intuitive eating juga merupakan proses berdamai dengan makanan, sehingga kita berhenti berprasangka buruk terhadap makanan, dan tidak lagi memberi label pada makanan sebagai 'menggemukkan' atau 'sumber penyakit'. Dengan intuitive eating kita akan belajar cara membedakan rasa (lapar) yang bersumber dari fisik atau emosi.

Prinsipnya sederhana saja. Intuitive eating tidak akan menyiksa dengan mengharuskan kita menahan lapar atau siksaan emosional lainnya, seperti perasaan bersalah dan malu setelah makan. Intinya, berdamailan dengan makanan, hargai rasa lapar, tolak diet ketat, hargai rasa kenyang, hargai perasaan diri sendiri tanpa harus menyantap makanan, dan tetaplah aktif secara fisik. Jennifer Gath, psikolog asal Australia, membuat 7 rumusan intuitive eating yang membuat kita nyaman menyantap makanan.
(Sumber  http://www.pesona.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...