22.1.15

Banyak Minum Air Putih Bisa Cegah Gemuk, Ini Penjelasan Pakar Gizi IPB


Menjaga kecukupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan. Bahkan menurut para ahli, banyak minum air putih juga bisa mengurangi risiko kegemukan.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan bahwa asupan dua gelas air putih selama jam pelajaran terbukti mengurangi risiko kegemukan pada anak sekolah. Menurut Prof Hardinsyah, sedikitnya ada tiga mekanisme yang membuat air putih bisa mencegah gemuk.


"Pertama, minum air yang cukup akan meningkatkan metabolisme lemak," kata Prof Hardinsyah, dalam talkshow 'Mengatasi Obesitas pada Anak dan Remaja dengan Asupan Air Seimbang' di Hotel Le Meredien Jakarta, seperti ditulis pada Kamis (22/1/2015).

Pada kondisi tubuh yang cukup terhidrasi atau tidak kekurangan cairan, pembakaran lemak bisa berlangsung dengan lebih optimal. Tentu saja, tetap butuh olahraga agar terjadi pembakaran lemak. Asupan air hanya untuk mengoptimalkan prosesnya.

Mekanisme berikutnya, menurut Prof Hardinsyah adalah dengan memicu rasa kenyang. Kecukupan cairan tubuh akan menciptakan rasa kenyang sehingga terhindar dari risiko makan berlebihan. Jika biasanya senang ngemil, asupan air yang cukup bisa mencegah perilaku tersebut.

Kuncinya adalah asupan yang seimbang, dalam arti jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Bagaimanapun, konsumsi air yang berlebihan juga bukan tanpa risiko.

 Konsultan ginjal dan hipertensi dari RS Cipto Mangunkusumo mengungkap risiko minum berlebihan.

"Beberapa pasien saya masuk UGD karena kejang-kejang. Ternyata garamnya rendah karena minum berlebihan sampai 5 liter sehari," kata Prof Dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH.


Meski beigtu, Prof Parlindungan sepakat bahwa asupan cairan penting bagi tubuh. Menurutnya, kehilangan cairan tubuh sebanyak 5-10 persen bisa mengurangi kemampuan kognitif otak. Dampaknya, bisa pusing dan susah konsentrasi.
(Sumber  http://health.detik.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...