30.1.15

Daun Ajaib Ini Bukan Sekedar Pelengkap Pecel Lele Saja!


Selama ini bagi saya yang pernah hidup jadi mahasiswa di Yogyakarta sering menganggap daun kemangi hanya sebagai pelengkap dalam hidangan pecel lele saja. Itulah kenapa saya sering menyisakannya dan malah lebih sering saya gunakan daun ini sebagai pewangi dalam kobokan untuk cuci tangan.

Namun setelah membaca ini semoga anda tak lagi punya pikiran seperti saya yang mengesampingkan manfaat dari daun kemangi yang luar biasa. Tahukah anda bahwa daun kemangi dapat berfungsi sebagai antibiotik herbal alami, kemangi berperan sebagai antiseptik, dan sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan kita.

Kemangi didalam saluran pencernaan bekerja untuk menetralkan dan mengurangi keluhan seputar peningkatan asam lambung yang menyebabkan keram perut, mual dan begah karena produksi gas perut yang tinggi.

Selain itu kemangi juga mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu kondisi peradangan usus seperti kolitis, Irritable bowel syndrom, crohn disease. Dia juga dapat berfungsi sebagao antibakteri dan antivirus sehingga efektif melawan infeksi bakteri, parasit usus, pilek, flu,dan herpes.

Kemangi sumber yang kaya magnesium, sehingga dapat melemaskan otot-otot dan pembuluh darah sehingga mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan risiko irama jantung yang tidak teratur dan juga mencegah terjadinya kejang maupun kram otot.
Minyak esensial dari kemangi mengandung eugenol yang bekerja mirip dengan aspirin dan ibuprofen dalam menurunkan pembengkakan pada sendi dan jaringan untuk membantu meringankan gejala arthritis dan fibromyalgia.

Sifat fungisida dari kemangi juga membantu dalam penyembuhan luka, ruam kulit, kutil, dan gigitan serangga. Anda dapat membeli krim dan salep yang mengandung ekstrak kemangi tapi anda juga dapat membuatnya sendiri yaitu dengan menghancurkan daun kemangi segar dalam jumlah kecil lalu tambahkan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit, dan balut dengan perban segar setiap hari.


Penting untuk menambahkan menu kemangi segar didalam daftar makanan anda setiap hari karena besar manfaatnya. Supaya tak bosan olah daun ini menjadi berbagai variasi olahan makanan atau sebagai campuran dari salad buah atau jus sayur yang di mix dengan buah2an segar.
Salam sehat dan semoga bermanfaat…
dr. Wahyu Triasmara
(Sumber  .kompasiana.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...