19.1.15

Hindari Penggunaan Gelas Berdekorasi Cantik


Gelas-gelas dengan dekorasi cantik acap kali merebut perhatian para ibu, namun perlu hati-hati karena bisa migrasi logam berat.

Gelas-gelas dengan dekorasi cantik acap kali merebut perhatian para ibu, namun perlu hati-hati karena bisa migrasi logam berat. Menurut Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM, Drs. Mustofa, Apt sebaiknya hindari penggunaan gelas-gelas cantik berbibir dekorasi.

"Ini yang biasanya para ibu pilih, gelas-gelas cantik berdekorasi seperti pada bibir gelas ada tinta keemasan, itu tidak disarankan menggunakan itu," ungkap Mustofa, Kamis 15 Januari 2015.
Pada Januari 2011, hal ini sudah jadi peringatan dari Uni Eropa terkait dengan migrasi logam berat dari gelas dekorasi yang berasal dari Indonesia.

"Tinta tersebut diduga logam berat kandunan Pb dan Cd, dan ini mudah sekali bermigrasi pada minuman terlebih jika suhunya panas," jelas Mustofa.

Gelas atau kaca memang menurut BPOM lebih baik digunakan sebagai kemasan pangan dibandingkan plastik, namun juga perlu diperhatikan dan dicermati.
"Pilih saja yang biasa tanpa dekorasi karena tintanya ya sama seperti yang ada pada koran dan majalah, itu mengganggu kesehatan," tutur Mustofa.
(Sumber  http://www.dream.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...