28.1.15

Mengunyah Permen Karet Ternyata Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan



MENGUNYAH permen karet dirasa bermanfaat bagi kesehatan, karena rendah kalori dan membantu meredakan stres. Namun, studi terbaru telah menunjukkan bahwa, mengunyah permen karet memiliki sejumlah efek samping yang perlu dipertimbangkan.
Mengunyah permen karet sekali-kali tentu tidak masalah. Penelitian terbaru juga menemukan manfaat dari kegiatan mengunyah permen karet untuk menangkap kuman di gigi. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui efek negatif dari kebiasaan mengunyah permen karet.
Pengaruh pada keinginan makan buah dan sayur
Seperti dilansir dari Healthmeup, Rabu (28/1/2015), buah studi menemukan bahwa permen karet rasa mint mempengaruhi keinginan orang untuk mengambil buah dan sayur. Rasa mint dari permen karet menyebabkan buah dan sayur terasa hambar.
Masalah sendi
Bila Anda terlalu sering mengunyah permen karet, otot atau sendir rahang Anda bisa cedera sewaktu-waktu. Mengunyah permen karet bisa menyebabkan temporomandibular joint disorder (TMJ), yang menyebabkan rasa sakit di otot dan rahang yang menghubungkan tulang rahang dan tengkorak.
Masalah perut
Saat Anda mengunyah permen karet, Anda akan menelan banyak udara. Hal ini dapat menimbulkan sakit pada perut dan kembung. Permen karet yang mengandung pemanis tambahan seperti sorbitol dan mannitol yang bisa menimbulkan diare.
Pertumbuhan terhambat
Anak puber yang sering mengunyah permen karet bisa mendorong pertumbuhan wajah yang tidak normal saat dewasa. Ini karena kegiatan mengunyah permen karet menstimulasi tulang rahang dan otot wajah, yang membuat rahang lebih besar.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...