24.1.15

Sikat gigi sebelum tidur???Harus!! dan Jangan anggap enteng....!!!

Jangan remehkan sikat gigi sebelum tidur,Bunda....ini ulasannya...moga bermanfaat yaa....

Untuk menjaga kesehatan gigi, dianjurkan untuk rutin menyikat gigi setidaknya minimal dua kali sehari: setelah sarapan dan sebelum tidur. Namun banyak yang menganggap enteng kebiasaan ini.

Padahal menyikat gigi pada malam sebelum tidur sangat penting dan memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan gigi serta mulut. Setidaknya demikian disampaikan oleh juru bicara American Dental Association (ADA), Deepinder Sahota, DDS.

"Menyikat gigi mencegah pertumbuhan penumpukan bakteri dalam bentuk plak, yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi," ungkapnya, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (23/1/2015).

Dilanjutkan Sahota, jika pada siang hari Anda menyentuh gigi tepat di garis gusi maka Anda akan menemukan sesuatu yang lengket dan itulah plak. Plak tersebut menumpuk seiring aktivitas makan dan minum yang Anda lakukan sepanjang hari.

Nah, menyikat gigi dapat 'mengusir' bakteri dan plak tersebut sehingga tidak menumpuk. Jika Anda lupa menyikat gigi sebelum tidur dan membiarkan olak tersebut menumpuk semalaman, maka bakteri tersebut akan menyerang gigi Anda.

"Plus plak tersebut akan membentuk tartar, yang dapat menimbulkan peradangan dan perdarahan pada gusi," lanjutnya.

Sementara itu, menyikat gigi yang benar menurut Dekan FKG UI, Dr drg Yosi Kusuma Eriwati, MSi, tak melulu mengenai frekuensinya yang sering, tapi lebih kepada teknik menyikat dan waktunya. Menurut drg Yosi, penting untuk mengubah kebiasaan menyikat gigi menjadi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

"Pokoknya sehabis makan, yang penting itu sisa makanan harus hilang dengan cara menyikat gigi. Jeda waktu antara makan pagi dan makan siang kan cukup lama, nah itu kalau ada sisa makanan bisa memungkinkan terjadi aktivitas bakteri lebih banyak," imbuhnya.(sumber : detikhealth)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...