5.1.15

Tips Menjaga Jantung Agar Sehat

Tips Untuk Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

 

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dan vital pada manusia, jantung tidak pernah berhenti bekerja sampai manusia meninggal dunia. Jadi ada baiknya kita haru selalu memantau perkembangan kesehatan jantung, karena penyakit jantung adalah pembunuh yang cukup banyak mengancam jiwa manusia.

WHO, badan organisasi kesehatan dunia mencatat sudah adalah 17 juta jiwa di seluruh dunia meninggal akibat serangan jantung, tentu saja hal ini sudah cukup membuat kita seharusnya peduli dengan jantung. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

1. Olahraga Teratur

Olahraga khususnya di pagi hari memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita, berlari santai di pagi hari selama 1 jam atau 30 menit setiap harinya sudah cukup untuk memperkuat jantung.

2. Berhenti Merokok

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi jika rokok dapat menimbulkan berbagai penyakit, khususnya merusak kesehatan jantung. Ada baik nya stop merokok sekarang juga dan bagi yang tidak merokok juga ada baiknya menghindar dari orang – orang yang sedang merokok agar tidak menjadi perokok pasif.

3. Kurangi Alkohol

Kurangilah minuman keras atau minuman beralkohol atau lebih baik berhenti meminumnya, kandungan alkohol tidak baik bagi jantung karena dapat melemahkan otot jantung.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Mengkonsumsi garam yang berlebih dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, sehingga hal ini dapat memicu penyakit jantung koroner. Bagi anda ibu rumah tangga, kurangilah garam pada setiap masakan yang di sajikan setiap harinya.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bagi jantung karena berbagai kandungan vitamin yang tersaji di dalamnya. Buah alpukat dan sayur bayam bisa menjadi pilihan utama untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

6. Kurangi Berat Badan

Bagi anda yang punya masalah terhadap berat badan yang berlebih, ada baiknya untuk memperhatikannya dari sekarang, karena hal ini dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

7. Periksa Kondisi Jantung Secara Rutin

Hal terakhir yang bisa teman – teman coba adalah memeriksa kondisi jantung secara teratur, konsultasi dengan dokter spesialis jantung dan bertanya – tanya mengenai kesehatan jantung dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

Itu lah beberapa tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat, semoga informasi tersebut bermanfaat.

(Sumberhttp://www.dekamulyana.com/tips-untuk-menjaga-jantung-agar-tetap-sehat/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...