24.1.15

Tips 7 Cara Alami Redakan Flu dan Batuk

 Moga info dari Majalah Ummi ini bermanfaat Bunda.......silahkan disimak....

Sahabat Ummi, terganggu dengan batuk terus-terusan yang sulit berhenti? Gatal dan lendir di tenggorokan tentu saja membuat kita tidak nyaman.
Musim hujan saat ini membuat siapapun begitu rentan terkena kedua penyakit ini. Flu dan batuk memang dapat menyerang siapa saja. Tak jarang kita memilih pergi berobat ke dokter, mengeluarkan biaya ekstra.
Namun tahukah Sahabat Ummi, bahan-bahan alami ini sebenarnya manjur untuk meringankan flu dan batuk daripada obat dokter:

1.Jeruk nipis, kecap dan madu
Madu dan jeruk nipis memang sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat. Untuk meringankan batuk, campur air perasan jeruk nipis, madu, serta kecap manis, aduk dalam segelas air hangat, lalu minum.
2.Kencur, kunyit dan madu
Selain untuk menambah cita rasa pada makanan, kencur dan kunyit ternyata memiliki khasiat menyembuhkan flu dan batuk. Parut kencur atau kunyit ditambahkan sedikit madu, kemudian minum dengan air hangat.
3.Teh, jahe, dan madu
Seduh segelas teh, tambahkan parutan jahe dan satu sendok madu. Kita bisa merasakan kehangatan jahe yang melegakan tenggorokan.
4.Sup ayam
Menyeruput makanan berkuah hangat saat flu dapat mengurangi rasa sakit yang dialami. Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam.
5.Garam
International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology menyebutkan, garam memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Untuk hidung tersumbat, atasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek dan toko obat. Teteskan ke hidung dengan bantuan pipet. Untuk mengatasi sakit tenggorokan atau batuk, kita bisa berkumur dengan larutan air garam hangat.
6.Tidur
Istirahat sangat berhubungan dengan imunitas tubuh kita. Orang yang kurang tidur akan lebih mudah terkena flu, karena tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan tenaga yang telah dikeluarkan seharian. Jadi jika kita mulai merasa tak enak badan, beristirahatlah lebih banyak.
7.Udara sejuk
Sesekali kita perlu ke tempat yang sejuk, seperti taman dan pegunungan. Udara yang sejuk sangat baik untuk pernafasan kita, sekaligus menghilangkan stres yang kita alami.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...