29.1.15

‘Laskar’ Nutrisi


Ketika seseorang menderita penyakit karena infeksi, seperti demam berdarah atau tifus yang menyebabkan dirinya harus dirawat selama beberapa saat di rumah sakit, nafsu makannya akan menurun drastis. Saat itulah, tubuh menggunakan cadangan nutrisi dalam tubuh untuk memerangi virus atau bakteri penyebab infeksi. Akibatnya, berat tubuh pun menyusut secara signifikan.

   
“Ketika terjadi gangguan dalam sistem tubuh karena sakit, protein sangat dibutuhkan untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Tak seperti karbohidrat atau lemak yang otomatis tersimpan dalam tubuh ketika tak terpakai, protein akan cepat hilang,“ ujar  ahli gizi Juniarta Alidjaja, DCN, AKp. dari Klinik Perisai Husada, Bandung.
   
Tak hanya protein, beberapa vitamin dan elektrolit (natrium dan kalium) pun larut dalam air ketika terjadi peningkatan suhu tubuh hingga di atas 38° Celsius akibat infeksi. “Vitamin yang biasanya hilang akibat demam adalah vitamin B dan C,” kata Juniarta Alidjaja.
   
Itu sebabnya, ketika seseorang tengah mendapat perawatan di rumah sakit, asupan nutrisinya harus ditingkatkan agar tubuh tidak mengalami defisiensi nutrisi penting yang digunakan untuk meregenerasi sel dan melawan infeksi. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin B dan C, maka bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Sedangkan jika kekurangan protein, bisa memperlambat proses penyembuhan, yang disertai tanda-tanda gangguan fungsi tubuh, seperti rambut rontok, kulit berwarna pucat dan keriput.

Di rumah sakit, selain makan, pasien juga biasa diberikan nutrisi tambahan enteral, yaitu makanan yang diproses dalam bentuk cair seperti susu (biasanya terbuat dari kedelai dengan tambahan mineral) dua kali sehari. Jika segelas susu biasa mengandung 100-150 kkal, maka nutrisi enteral ini mengandung 250 kkal per gelasnya. “Selain untuk menambah nutrisi, enteral dikonsumsi untuk menjaga bobot tubuh tidak terlalu turun drastis mengingat nafsu makan pasien biasanya anjlok dan malas mengunyah,” imbuh Juniarta.
(Sumber  http://www.femina.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...