23.1.15

3 Mitos Seputar Olahraga


Jika Anda sudah berusaha keras berolahraga, namun tetap saja belum melihat hasil yang Anda inginkan, mungkin itu karena Anda masih percaya dengan mitos-mitos seputar olahraga berikut.

Mitos: Sit-up bisa mengecilkan perut.

Fakta: Banyak orang menganggap sit-up merupakan satu-satunya gerakan untuk membuang lemak dan mengecilkan perut. “Faktanya, gerakan sit-up tidak mampu membakar kalori di perut dan hanya berefek sedikit saja,” kata Wayne Westcott, PhD, dari  Quincy College,  Amerika. Menurut penelitian Pennsylvania State University, melatih otot pinggul, panggul dan bagian lain di sekitarnya justru bisa membantu membakar kalori lebih banyak di daerah perut.

Mitos: Semakin berkeringat, semakin banyak yang terbakar.

Fakta: Berkeringat merupakan respons tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh yang panas akibat terlalu banyak beraktivitas. Artinya, tidak ada hubungan sama sekali dengan proses pembakaran kalori di tubuh. Anda harus banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dalam bentuk keringat. Jika tidak, Anda bisa mengalami dehidrasi.

Mitos: Semakin intens berlatih, semakin bagus.

Fakta: Mitos itu juga sering dipercaya oleh mereka yang sedang berusaha membentuk tubuh atau membangun otot. Tak jarang, untuk mencapai tujuan tersebut, orang berlatih sesering mungkin dengan selama mungkin. Faktanya, proses pembentukan dan perbaikan tubuh justru akan dimulai ketika beristirahat. Beri jeda satu hingga dua hari untuk beristirahat setelah berlatih.
(Sumber  http://www.readersdigest.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...