27.1.15

Ini cara yang benar untuk bersihkan pusar!


Pusar adalah bagian tubuh yang jarang sekali mendapat perhatian. Tak banyak orang yang membersihkan pusar mereka secara teratur. Bahkan hanya sedikit orang yang mengetahui cara membersihkan pusar dengan benar. Pada masyarakat Indonesia sendiri terdapat beberapa kepercayaan mengenai membersihkan pusar. Ada yang meyakini membersihkan pusar bisa membuat sakit perut dan lainnya.

Namun faktanya, membersihkan pusar adalah hal yang harus dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar. Dalam pusar, berkumpul banyak hal mulai dari bakteri, keringat, sabun, kotoran, debu, dan lainnya. Sebuah penelitian di North Carolina State University bahkan mengungkap bahwa rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (20/01).


Pusar harus dibersihkan, seperti juga bagian tubuh lainnya. Mengabaikan kebersihan pusar bisa menyebabkan pusar berbau atau bahkan memicu infeksi seperti gatal dan kemerahan. Lantas bagaimana cara membersihkan pusar dengan benar?

Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa dibersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan dibasuh menggunakan air. Namun jika lubang pusar Anda cukup dalam, Anda juga harus membersihkannya sekali seminggu dengan cotton bud menggunakan sabun, air, atau alkohol. Bagi yang memiliki pusar menonjol keluar, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup.

Jika pusar Anda sudah sangat lama tak pernah dibersihkan dan tak bisa dibersihkan sendiri, atau bahkan memiliki tanda-tanda infeksi, sebaiknya segera temui dokter atau ahli kulit untuk membersihkannya dan merawatnya untuk Anda. Tak perlu malu, karena ini juga penting untuk kesehatan Anda
(Sumber  http://www.merdeka.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...