29.1.15

Seni Mencuci Buah

 

Beragam penelitian mengemukakan berbagai temuan positif soal manfaat buah dan sayuran, dan menempatkan keduanya sebagai asupan krusial bagi tubuh. Tetapi bagaimana cara mendapat manfaat maksimal dari keduanya?


Salah satu cara mendapatkan manfaat maksimal dari buah dan sayuran adalah dengan mencuci sebelum mengonsumsi. Perlu disadari, kendati Anda telah membeli buah dan sayuran berkualitas nomor satu sekalipun, Anda tidak memiliki kuasa atas proses penanaman dan distribusi. Artinya, bukan tidak mungkin, kualitas buah dan sayuran tersebut tercemar, baik oleh kuman, bakteri, maupun pengaruh pestisida.

Prof. Dr. Ir. Tien R Muchtadi, Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam konferensi pers Mama Lime “Aksi Sehat 5 Menit”, mengemukakan soal kemungkinan bahaya yang ditimbulkan pestisida. “Pestisida akan meninggalkan residua tau sisa pestisida, terutama pada buah apel, pear, anggur juga sayuran berdaun, seperti seledri, bayam, paprika, wortel. Residu harus diwaspadai agar tidak masuk ke dalam tubuh manusia karena mengandung bahan-bahan kimiawi beracun. Risiko yang mungkin timbul akibat kontaminasi pestisida antara lain keracunan dan gangguan kesehatan lainnya,” tutur Tien. Tetapi, bagaimana cara mencuci buah dengan efektif?

Dalam kesempatan yang sama, Choky Sitohang, pembawa acara televisi, memaparkan cara mencuci buah dengan hanya lima menit. “Pada 1,5 menit pertama,” tuturnya, “masukkan buah ke dalam semangkuk air untuk membersihkan pestisida yang tersisa.” Kemudian, 1,5 menit selanjutnya dihabiskan untuk membilas buah dan sayuran. Pada dua menit terakhir, buah dan sayuran siap disajikan. “Anda bisa menghiasnya, atau memakannya langsung,” imbuhnya.


Tentu saja, berbagai persiapan lain juga mesti diperhatikan. Misalnya, mencuci tangan Anda sebelum mencuci buah. Terkadang, bakteri atau kuman penyakit justru datang dari tubuh Anda sendiri.
(Sumber  readersdigest.)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...