17.1.15

Jalan Cepat Ampuh Menurunkan Berat Badan?


Berjalan cepat juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Jalan cepat, ternyata tidak hanya bisa menyehatkan badan. Tapi, olahraga ringan ini juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang mengaku mengalami penurunan badan, hanya dengan rutin berjalan cepat setiap minggunya.


Dr. Nilip Nadkarni, seorang ahli bedah dan konsultan di bidang penyakit tulang, menyatakan bahwa dengan berjalan cepat, lemak dalam tubuh dapat terbakar secara optimal dan dapat membuat bobot tubuh berkurang secara bertahap.

"Jika bermasalah dengan persendian lutut, aktivitas jalan santai bisa diganti dengan bersepeda atau berenang," ujarnya saat ditemui di klinik pribadinya.

Nilip mengatakan bahwa sebaiknya sebelum dan sesudah berjalan santai, usahakan untuk melakukan peregangan agar otot tidak kaku dan tegang.

Times of India melansir, berjalan cepat harus dilakukan dengan benar, agar tidak menyebabkan cedera pada otot. Saat berjalan, posisi badan disarankan tegak dengan tangan yang mengayun sesuai dengan gerakan badan. Telapak kaki juga harus memijak tanah dengan benar, agar tidak menyebabkan kram setelah berjalan cepat.

Jenis sepatu juga menjadi pertimbangan agar jalan cepat bisa lebih optimal. Pilihlah sepatu yang ringan dan tipis agar udara dapat masuk ke kaki dan tidak membuat kaki Anda terhindar dari gangguan seperti kutu air, kadas dan kurap. 

Di akhir perjumpaan, Nilip mengatakan, berjalan cepat seharusnya dijadikan sarana berolahraga untuk kesehatan saja. Berat badan yang turun, adalah salah satu bonus tambahan yang bisa semakin memotivasi Anda melakukan olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan.
(Sumber http://life.viva.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...