23.1.15

4 Sehat 5 Teratur Soal Diabetes

 

Anda mungkin banyak mendengar mitos-mitos seputar diabetes - larangan mengonsumsi gula atau penyandang diabetes tidak bisa hidup normal, misalnya. Ketahuilah bahwa itu tidak benar. Mari kita luruskan.


Jadi, mitos atau mimpi buruk yang sering terdengar adalah penyandang diabetes dilarang mengonsumsi gula sama sekali. Kenyataannya, diabetes harus mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti cokelat dan permen, tetapi mereka masih dapat menikmati dessert laiknya orang normal dengan satu catatan: porsinya terkontrol.

Mitos kedua adalah penyandang diabetes mudah terserang penyakit dan cenderung berumur pendek karena dampak dari komplikasi penyakit yang menyertai diabetes. Faktanya? Jika diabetes dikelola dengan baik, kadar gula darah dijaga agar senantiasa ideal, penyandangnya bisa hidup normal, bahkan melakukan kegiatan yang orang normal anggap cukup berat, seperti mendaki gunung, bermain ski, atau bahkan menyelam.

Tetapi apa saja upaya yang mesti dilakukan untuk mengelola diabetes? Wahyu Hidayat, penyandang diabetes tipe 1 sejak usia 16, pandu diabetes dan juga National Diabetes Champion, berbagi kiat dalam menjalani gaya hidupnya.


'Jurus'-nya adalah 4 sehat 5 teratur, sebagaimana di bawah ini.

  • Aktif mencari tahu soal diabetes dan pengendaliannya. Banyak sekali kasus yang menunjukkan bahwa ketidaktahuan atau sikap meremehkan diabetes seringkali mesti dibayar mahal dengan munculnya komplikasi. Semakin dini Anda mengetahui, semakin baik.
  • Aktiflah berolahraga. Olahraga yang teratur membuat tubuh sehat, melancarkan peredaran darah membakar kelebihan lemak dan mengendalikan kadar gula darah. Berjalan kakilah agar fungsi insulin sebagai hormon pengatur kadar gula dalam darah menjadi optimal dan efektif.
  • Patuhi petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat, baik itu obat oral maupun suntik. Jika Anda teratur melakukannya, dan jika kadar gula darah mulai terkendali, bukan tidak mungkin dokter akan menganjurkan Anda untuk makan dan berolahraga teratur saja, tanpa obat.
Monitor gula darah Anda. Bagi diabetes, gula darah tidak boleh terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Keduanya berdampak negatif. Jika gula darah yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi di kemudian hari, gula darah yang rendah dapat menyebabkan Anda kehilangan kesadaran secara mendadak.
(Sumber  http://www.readersdigest.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...