23.1.15

5 Tanaman Penangkal Racun

 

Tinggal di kota berarti mempertinggi risiko terkena polusi udara (termasuk di rumah sendiri!). Pun demikian, bumi kita memiliki tanaman-tanaman ajaib yang dapat membantu mengantisipasi. Ini beberapa di antaranya.


Areca Palm Tree

Ini tanaman yang menyerap Xylene, yang merupakan turunan dari keluarga Benzene yang berbahaya bagi tubuh. Xylene memiliki dampak pada otak yang menyebabkan sakit kepala, pusing, hingga mengganggu kordinasi otot. Pada tingkatan yang lebih tinggi, ia menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, sehingga dapat memicu masalah pernafasan dan paru-paru.

English Ivy

Studi-studi awal mengenai tanaman ini mengindikasikan bahwa ia memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai anti-cancer maupun anti-oksidan. Pun demikian, penelitian-penelitian yang dilakukan masih sedikit sehingga belum cukup untuk mengukuhkan klaim ini. Di sisi lain, English Ivy terkenal karena manfaat lainnya, yaitu menyerap polutan. Ia berguna bagi penderita asma dan dapat membantu mengurangi stress. 

Aloe Vera

Yang satu ini jelas merupakan selebriti - namanya kerap disebut dalam iklan-iklan di layar kaca. Manfaat Aloe Vera cukup beragam, mulai dari pembersih udara hingga mengobati bisul, memar pada kulit, rambut rontok, hingga wasir dan radang tenggorokan.

Spider Plant

Dibalik tampilan luar yang memikat, tanaman ini mempunyai kemampuan menyerap karbonmonoksida. Ini zat yang tidak berwarna dan tidak berasa, tapi berbahaya bagi tubuh kita. Biasanya, karbonmonoksida datang ke rumah Anda lantaran ventilasi yang buruk, serta kurangnya perawatan atau kesalahan pemasangan alat-alat yang berhubungan dengan gas, arang, maupun kayu.

Chrysanthemum

Ini tanaman yang banyak digunakan dalam ramuan-ramuan tradisional di Cina dan Jepang. Pada White Chrysanthemum, daunnya kerap dijadikan teh untuk suplemen dan pengobatan. Caranya pun mudah: cukup masukan beberapa pucuk keringnya pada air panas. Tapia pa manfaat praktisnya? Jika ada perokok di rumah Anda, tanaman ini yang akan menangkap racunnya. 
(Sumber  http://www.readersdigest.co.id/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...