27.1.15

Lutut Sering Nyeri Saat Musim Hujan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya


Hmmm Bunda pernah kan merasakan nyeri atau sakit dilutut,Saat musim hujan seperti saat ini, cuaca harian cenderung mendung disertai suhu udara yang dingin. Dalam kondisi dingin seperti ini pun, salah satu keluhan yang kerap muncul pada sebagian orang yakni nyeri lutut.

Jika hal tersebut sering Anda alami, tak perlu khawatir. Sebab, peneliti di University of Florida mengungkapkan mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah lebih sering mengalami nyeri lutut dan menurunnya fungsi tulang di lutut.

"Nah, salah satu sumber vitamin D yang terbaik untuk tulang yakni sinar matahari. Tapi, di musim hujan dengan cuaca dingin sinar matahari cenderung jarang ada hingga tubuh bisa saja kekurangan vitamin D," terang co-author studi, Toni Glover PhD dalam laporannya di Clinical Journal of Pain, dikutip pada Selasa (27/1/2015).

Lebih lanjut, Glover mengungkapkan kekurangan vitamin D bisa meningkatkan kadar peradangan yang menambah sensitivitas lutut terhadap rasa nyeri dan berkaitan dengan osteoarthritis. Selain itu, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan perputaran tulang yang dapat menurunkan kualitas tulang.


Maka dari itu, Glover menyarankan untuk melakukan pemeriksaan darah guna mengetahui apakah kadar vitamin D pada tubuh Anda sudah mencukupi atau justru kurang. Pada dasarnya, dikatakan Glover, kebutuhan vitamin D tiap orang tergantung dari berat badan serta komposisi tubuhnya.

"Tubuh menyimpan vitamin D di sel lemak berarti dibutuhkan lebih banyak lemak tubuh untuk mencegah nyeri dan penurunan fungsi tulang. Jika sulit untuk mendapat paparan sinar matahari, konsumsilah suplemen D yang sudah dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter," saran Glover.

Tak hanya itu, Glover juga menyarakan Anda untuk lebih banyak mengonsumsi makanana kaya vitamin D di antaranya sarden, ikan, telur, tuna, dan sayuran hijau. Jangan lupa pula masukkan lemak sehat seperti produk susu dan turunannya dalam menu makan Anda.
(Sumber  http://health.detik.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...