30.1.15

Tips Mencegah Sayuran Hijau Berubah Cokelat


Bunda, jika Anda suka memasak sayuran di rumah, pernahkah Anda menyadari bahwa sayuran hijau yang Anda masak berubah warna jadi agak kecokelatan? Warna cantik alami sayuran hijau seperti brokoli, kacang panjang, asparagus dan lain sebagainya sebenarnya merupakan tanda banyaknya antioksidan dan klorofil yang dikandung sayuran tersebut.

Jika sayuran berubah warna, berarti Anda kehilangan banyak nutrisi dalam sayur tersebut. Nah, tidak ingin hal ini terjadi kan? Dikutip dari cookinglight.com, penyebab umum hal ini bisa terjadi adalah terlalu lama memasak dan adanya bumbu yang mengandung asam. Misalnya jika Anda memasak sayur asam, kacang panjang yang semula hijau akan berubah warna menjadi cokelat atau hijau tua hampir kekuningan. Ini karena dua hal tersebut.

Bahkan Anda akan kehilangan tekstur renyah dari sayuran tersebut jika terlalu lama memasaknya. Untuk mengatasinya, masak sayuran seperti brokoli, buncis, kacang hijau, asparagus (dan berbagai sayuran hijau yang mudah berubah warna) tidak lebih dari 2 menit dalam air asin.

Jika Anda merebus sayur, cukup tambahkan 1/2-1 sendok garam ke dalam air rebusan, masak selama 1 menit dan angkat. Tiriskan dan siram dengan air dingin untuk menghilangkan efek air asin. Siap sajikan. Jika Anda menumis, tumis pakai minyak zaitun dan cukup sebentar saja agar tidak terlalu layu dan sayur berubah warna.


Pada dasarnya, sayuran hijau memang mudah berubah warna saat masih mentah. Jadi, tips lain yang bisa diikuti adalah, segera memasak sayuran hijau setelah membelinya dan jangan menyimpan di kulkas lebih dari 2 hari. Happy cooking!
(Sumber  .vemale.)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...