26.1.15

Menahan Buang Air Kecil, Bahaya Nggak Sih?


Ada saat-saatnya di mana kita terpaksa untuk menahan buang air kecil. Misalnya saja ketika berada di dalam angkutan umum atau malah ketika sedang melakukan pekerjaan penting yang tak bisa ditinggalkan. Tapi sebenarnya bahaya nggak sih menahan buang air kecil?


Benjamin Brucker, M. D., asisten profesor di jurusan urologi NYU Langone Medical Center, dilansir dari womenshealthmag.com, punya penjelasannya. Meskipun menahan buang air kecil tampak sebagai hal yang sepele, tapi dampak yang ditimbulkan bisa dibilang berbahaya.

Berapa Jam Lamanya Kita Masih Boleh Menahan Buang Air Kecil?
Pada dasarnya, kemampuan tubuh kita untuk menyimpan air seni itu dipengaruhi oleh sejumlah hal. Brucker menjelaskan bahwa biasanya wanita bisa menahan buang air kecil selama tiga hingga enam jam. Tapi tak semua wanita bisa melakukannya.

"Semua tergantung dengan banyaknya air seni yang dimiliki orang tersebut yang dipengaruhi oleh kadar hidrasi dan asupan cairan, dan juga kapasitas kandung kemihnya yang ditentukan oleh besarnya kandung kemih dan sensitivitas kandung kemih tersebut," ungkap Brucker.

Haruskah Buang Air Kecil Dilakukan Secepatnya Saat Itu Juga?
Rasa ingin buang air kecil yang ditahan terlalu lama bisa begitu menyakitkan. Brucker menyarankan untuk buang air kecil pada 'saat yang tepat'. Dengan kata lain, kita memang sebaiknya langsung pergi ke toilet saat sudah terasa ingin buang air kecil. Jangan sampai ditahan terlalu lama yang malah bisa menimbulkan rasa sakit.

Kalau Terpaksa Menahan Buang Air Kecil, Bagaimana?
"Tak ada komplikasi khusus yang bisa terjadi ketika Anda menahan buang air kecil, meskipun masih ada kemungkinan untuk terkena infeksi saluran kencing yang bisa disembuhkan dengan anti biotik," papar Brucker.

Salah satu tanda Anda terkena infeksi saluran kencing adalah keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Atau bisa juga kondisi seperti kandung kemih yang terlalu sensitif dan sakit. Kalau Anda merasa lebih sering buang air kecil, segera hubungi dokter. Latihan kegel dan obat bisa diberikan untuk mengatasi kandung kemih yang terlalu sensitif.

Bisakah Kita Mengontrol Tubuh Agar Tak Mudah Buang Air Kecil?

Kalau semakin sering dan banyak minum, maka kita pun akan semakin sering buang air kecil. Intinya tetap cukupi asupan cairan tubuh dengan baik. Dan demi kebaikan tubuh, sebaiknya memang tak menahan untuk buang air kecil terlalu lama.

Semoga info ini bermanfaat, ya Bunda. Keep a healthy habit and stay healthy from now on
(Sumber  http://www.vemale.com)

1 comment:

  1. terimakasih banyak untuk artikel ini, informasi yang bermanfaat.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...