29.1.15

Asma ternyata dapat dipicu 6 hal sederhana ini


Asma merupakan suatu kondisi kesehatan di mana saluran udara yang ada di dalam tubuh penderita meradang sehingga membuatnya sensitif terhadap zat-zat yang dapat memicu asma. Zat ini mampu menyebabkan penyempitan dan pembengkakan pada saluran udara dan meningkatkan produksi lendir sehingga tak jarang penderita asma kesulitan dalam bernapas.

Selain debu dan asap berbahaya, ternyata asma mampu dipicu oleh hal-hal kecil yang ada di sekitar Anda. Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, inilah pemicu asma yang sering tidak Anda sadari.

Tikus
Selain hewan peliharaan, tikus ternyata juga dapat memicu asma. Pemicu alergi ini sudah banyak ditemui di kota-kota besar.

Kutu
Si kecil yang menjengkelkan ini selain dapat menyebabkan gatal, juga mampu memicu munculnya asma.

Kepik
Kepik mungkin merupakan serangga yang lucu. Namun sebaiknya penderita asma menjauhinya. Sebab kepik mampu mengeluarkan bau yang dapat memicu asma.

Jalanan macet
Stres akibat jalanan macet yang ditambah dengan naiknya polusi udara mampu memperparah penyakit asma. Oleh karena itu sebaiknya penderita asma menjauhi jalanan yang macet agar penyakit mereka tidak kambuh.

Rhinovirus
Rhinovirus merupakan sejenis virus yang umumnya menyebabkan flu. Namun tidak berhenti sampai di situ sebab ternyata virus ini juga dapat memicu asma. Agar Anda terhindar dari penyakit ini, sebaiknya cuci tangan Anda sebagai tindakan pencegahan.

Kegemukan
Kegemukan dan obesitas diketahui sebagai pemicu munculnya sejumlah masalah kesehatan seperti asma. Sebuah penelitian yang dilakukan di American Academy of Allergy Asthma and Immunology menemukan bahwa obesitas mampu memicu kenaikan serangan asma hingga 17%.

Asma adalah penyakit yang tidak dapat diduga kapan kambuhnya. Terutama apabila si penderita bersinggungan dengan pemicunya. Oleh karena itu apabila Anda menderita asma, sebaiknya hindari faktor pemicu asma di atas.
(Sumber  http://www.merdeka.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...