18.12.14

Ragam Manfaat Nanas Buat Kesehatan Tubuh

Buah nanas mungkin tidak sepopuler buah-buahan pada umumnya seperti apel,jeruk, ataupisang. Namun demikian, nanas juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan tersebut. Umumnya, buah nanas sering diolah menjadi selai atau jus. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung dalam keadaan segar layaknya buah-buahan yang lain.

Manfaat buah nanas Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

Mencegah kembung
Nanas memiliki kandungan bromelain, zat yang bisa membantu memecah makanan sehingga mampumengurangi kembung pada perut. Selain itu, zat ini juga dinilai efektif dalam mengurangi peradangan pasca operasi, mengurangi rasa nyeri akibat osteoarthritis, dan membantu meredakan pembengkakan hidung akibat infeksi sinusitis.

Membantu mencegah kanker
Karsinogenik yang terkandung dalam buah nanas diketahui efektif dalam mengurangi risiko kanker. Zat karsinogenik berperan dalam melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Banyaknya sel-sel yang rusak di dalam tubuh bisa menyebabkan penuaan dini dan mendorong datangnya berbagai macam penyakit.

Membantu kesehatan tulang
Nanas mengandung mineral-mineral penting sepertikalsium dan mangan yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat. University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mangan juga berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, membantu penyerapan kalsium, dan mengatur gula darah. Selain itu, mangan berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

Mencegah penggumpalan darah
Buah yang rasanya asam-manis dan menyegarkan ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Selain itu, buah nanas memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Nanas mengandung tembaga, di mana apabila tubuh kekurangan zat ini maka bisa menyebabkan anemia, penurunan kadar sel darah putih, masalah tiroid, dan osteoporosis.

Melawan radikal bebas
Nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi. World’s Healthiest Foods mencatat bahwa vitamin C adalah antioksidan berperan penting dalam membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengurangi risiko atheroclerosis, kanker usus besar, dan mengurangi peradangan pada penyakit sendi.

Manfaat buah nanas lainnya :

Selain memperkuat tulang, mineral yang terkandung dalam nanas dapat membantu memperkuat gusi dan gigi, serta menjaganya tetap sehat.Sama seperti wortel, nanas juga memiliki kandungan betakaroten yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas penglihatan.Buah nanas mengandung serat dan mikronutrien yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Maka secara tidak langsung, buah nanas dapat membantu mengontrol danmenurunkan berat badan.

Itulah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan. Apabila anda mempunyai kondisi-kondisi tertentu seperti memiliki alergi atau penyakit diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi buah nanas.

(Sumberhttp://www.artikelkesehatan99.com/ragam-manfaat-buah-nanas-bagi-kesehatan-tubuh/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...