31.12.14

Mitos dan Fakta Perawatan Kulit


Banyak wanita yang lebih percaya pada mitos perawatan kulit, yang justru dapat menyebabkan kerusakan kulit. Agar hal itu tidak terjadi, ketahui mitos-mitos yang beredar dan fakta yang sebenarnya. Berikut ini di antaranya:


1. Kulit Berminyak vs Pelembab

Mitos: Kulit berminyak tidak membutuhkan krim pelembab agar kulit tidak semakin berminyak.
Fakta: Sering dikatakan bahwa orang yang kulitnya berminyak sebaiknya menghindari penggunaan pelembab atau lotion. Sebab, kedua produk tersebut hanya akan membuat wajah tampak lebih berminyak. Padahal kulit berminyak pun bisa mengalami dehidrasi. Karena itu, penting untuk memilih pelembab yang berbahan dasar air, yang mudah terserap ke dalam kulit, sehingga hidrasi kulit tetap terjaga.

2. Tabir Surya

Mitos: Tabir surya atau sunscreen atau sunblock hanya digunakan untuk ke pantai saja.
Fakta: Kulit membutuhkan krim khusus, yakni tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Dan, itu berarti sepanjang tahun, tidak hanya pada liburan musim panas saja.

3. Toner

Mitos: Toner sangat penting untuk kulit.
Fakta: Toner memang terasa menyegarkan di kulit, tetap tidak boleh terlalu sering digunakan. Jadi, gunakan toner hanya ketika perlu membersihkan wajah saja. Jangan karena ingin membuat kulit terasa segar, lantas menggunakan produk itu seenaknya saja.

4. Minum Air Putih

Mitos: Minum minimal tiga gelas sehari adalah hal wajib untuk menjaga hidrasi kulit.
Fakta: Hal terpenting tentang air bukanlah seberapa banyak yang Anda minum, tapi seberapa banyak air bisa ditahan tubuh sebagai cairan yang mampu menjaga kulit tetap lembab.
Jika Anda berlatih olahraga tertentu, atau Anda bekerja di lingkungan yang bersuhu udara cukup tinggi, Anda wajib memperbanyak jumlah air yang Anda minum.

5. Krim Pelembab

Mitos: Krim pelembab sama saja dengan krim mata. Jadi, tak perlu lagi menggunakan krim mata.
Fakta: Ini adalah mitos yang samasekali tidak benar. Krim mata atau eye cream sangat berbeda dari krim pelembab kulit yang biasa. Kulit di seputar mata adalah area wajah yang pertama-tama memperlihatkan tanda-tanda penuaan. Sebab, kulit di area itu lebih halus dan mempunyai aktivitas yang permanen.

6. Gonta-Ganti Produk

Mitos: Jangan pernah mengganti produk yang biasa Anda gunakan.
Fakta: Setelah penggunaan selama 2-3 tahun produk yang biasa Anda gunakan, Anda perlu mengganti produk perawatan kulit Anda. Alasannya, selama tahun-tahun tersebut Anda tentu mengalami proses penuaan dan hal-hal lain dalam hidup Anda, termasuk stres dan perubahan hormonal. Dengan begitu, tentu kebutuhan kulit kita bisa berubah juga.

7. Produk Mahal

Mitos: Produk perawatan kulit mahal adalah yang terbaik.
Fakta: Harga sebuah produk perawatan kulit sama sekali bukan cerminan dari kemanjurannya. Jika suatu produk cocok dan baik untuk perawatan kulit Anda, berarti itulah produk terbaik untuk Anda, berapa pun harganya.
(Sumber  http://nyata.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...