20.12.14

Minyak untuk Pijat

 

Untuk mendapatkan hasil pijat yang maksimal, minyak atsiri harus betul-betul asli dari tanaman, dan tidak dapat diganti dengan minyak sintetis apa pun.

Minyak atsiri mengandung lebih dari seratus jenis komponen yang bekerja bersama menghasilkan efek terapi. Sementara minyak sintetis hanya mengandung satu komponen saja, yaitu yang mempunyai bau khusus seperti bau tanaman asalnya.

Nah, pilihan minyak ditentukan oleh khasiat yang dihasilkan. Dalam hal ini bisa dicampurkan 2-3 minyak dalam minyak pembawa. Sebagai patokan, kita dapat menetapkan 3-4 tetes minyak atsiri murni dalam 16-20 ml minyak pembawa.

Kalau campuran tersebut untuk memijat daerah kulit wajah, konsentrasinya perlu diturunkan menjadi 2-3 tetes minyak dalam 10 ml minyak pembawa untuk kulit normal.

Minyak Lavender

Minyak yang paling sesuai untuk menimbulkan keadaan relaksasi dan tidur. Baunya yang lembut sangat sesuai untuk meringankan stres dengan cara pijat. Harganya memang mahal, tetapi kita hanya memerlukan beberapa tetes saja untuk memijat seluruh tubuh.

Minyak Pala

Minyak pala yang asli sangat baik untuk mengatasi insomnia (sulit tidur ) dengan pemijatan secara teratur. Pemijatan dengan minyak ini dalam campuran minyak zaitun atau minyak kelapa, akan membantu tercapainya keadaan relaksasi.

Minyak Kayuputih dan Eukaliptus

Kehangatan minyak kayu putih dan minyak eukaliptus berkhasiat untuk proses penyembuhan dan pencegahan serangan flu. Minyak harus asli dan campuran dengan minyak pembawa dalam konsentrasi yang sesuai bisa langsung digunakan untuk full body massage, dengan pijatan yang lebih intensif di daerah punggung, dada, leher, dan bahu.

Minyak Adas

Baunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Khasiatnya, meningkatan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi selulit pada daerah paha. Kombinasi minyak adas dan kayuputih dalam minyak pembawa cocok untuk menciptakan kehangatan tubuh yang berguna melancarkan aliran darah.
Sementara campuran minyak daun jeruk purut, minyak bunga ylang-ylang (bunga kenanga) ), dan minyak daun kemangi berpotensi untuk mengatasi kekejangan otot dan mengembalikan keseimbangan sistem saraf.
(Sumber  http://nyata.co.id/tips/sehat/minyak-untuk-pijat/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...