26.12.14

Penyebab Kulit Berminyak




Beberapa wanita dilahirkan dengan produksi minyak yang berlebihan pada kulit, terutama kulit wajah. Tidak hanya mengganggu penampilan, kulit berminyak pun dapat mengakibatkan beberapa masalah lain, seperti jerawat, kulit kusam hingga komedo. Apa Penyebabnya?

Faktor Keturunan 

 

Seseorang yang terlahir dari orang tua bergenetik atau memiliki kulit berminyak, biasanya akan memiliki kulit berminyak juga. Keluarga dengan kulit berminyak juga berarti sama-sama memiliki ukuran pori-pori kulit yang lebih besar dari pori-pori kulit normal. Hal ini yang menyebabkan kulit lebih banyak memproduksi minyak dan jika tidak dirawat secara seksama, akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Penggunaan berbagai produk kecantikan dengan berlebihan

Karena menginginkan wajah yang awet muda, lebih cerah, dan lebih halus, banyak wanita yang menggunakan berbagai produk kecantikan secara berlebihan.

Porsi yang berlebihan ini dapat menyebabkan kulit mengelupas. Hal ini bisa saja disebabkan oleh terlalu banyaknya menggosok kulit saat membersihkan wajah.

Perubahan cuaca 

Perubahan suhu dan kelembapan juga dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah menjadi meningkat. Ini terjadi karena pada musim kemarau udara menjadi kering sehingga kulit menjadi dehidrasi. Akibatnya pada musim selanjutnya kulit memproduksi minyak lebih untuk mengimbangi kekeringan kemarin.

Obat-obatan 

Konsumsi pil kontrasepsi atau obat-obatan yang mempengaruhi hormon lainnya dapat menaikkan produksi minyak pada wajah. Begitu juga konsumsi obat-obatan apapun dapat menyebabkan dehidrasi didalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh memproduksi banyak minyak untuk menutupi kurangnya minyak pada tubuh.

Penggunaan produk yang tidak cocok dengan kebutuhan kulit 

Misalnya seseorang menggunakan pembersih wajah untuk jenis kulit berminyak, sedangkan dia memiliki jenis kulit kombinasi. Penggunaan yang tidak cocok ini bukannya mengurangi produksi minyak pada kulit tapi malah menambahnya.

Perubahan hormon 

Wanita cenderung memiliki begitu banyak momen yang dapat membuat hormon berubah dengan drastis sewaktu-waktu. Seperti pada masa kehamilan, menjelang menopause dan sesaat sebelum datang bulan. Hormon androgens ini sangat berpengaruh pada produksi minyak dalam tubuh, sehingga perubahan hormon dapat berakibat naiknya produksi minyak pada wajah.

Stres 

Ketika sedang stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon andorgens. Seperti yang sudah disebutkan hormon androgens dapat memancing naiknya produksi minyak pada tubuh.

Penggunaan alat-alat perawatan tubuh yang sebenarnya tidak diperlukan

Membersihkan tubuh dengan handuk yang kurang lembut, penggunaan sikat yang terlampau keras, dan berbagai alat perawatan tubuh lainnya yang tidak perlu, dapat menyebabkan kulit kering bahkan sampai iritasi. Jika ini terjadi tubuh akan memproduksi minyak berlebih untuk menutupi kekeringan. 
(Sumber  tabloidwanitaindonesia)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...