21.12.14

Anggur, Buah Kecil Kaya Manfaat


Anggur adalah buah yang kaya akan zat gula ini yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain kulitnya yang kaya akan vitamin B kompleks yang bagus untuk keselamatan fungsi saraf serta vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan meminimalisir serangan penyakit mikroba.
Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa jus (perasan) anggur memiliki pengaruh yang sangat besar untuk membersihkan dahak dan meredakan batuk. Anggur memang menjadi bahan baku utama dalam membuat khamr, minuman yang memabukkan.

Namun tanpa harus dijadikan khamr pun, anggur sesungguhnya memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Ini telah dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 67: “Dari buah kurma dan anggur, kalian membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti,” (QS. An-Nahl :67).
Berikut ini tinjauan para dokter mengenain buah yang termasuk salah satu dari tiga raja buah-buahan, yaitu: anggur, ruthab, dan tin.
  1. Anggur memiliki pengaruh melembutkan usus. Oleh karenanya, buah ini baik dikonsumsi oleh mereka yang kesulitan buang air besar.
  2. Anggur dapat melancarkan kencing, meringankan kandungan asam urik dalam darah. Asam urik adalah zat yang berbahaya bagi kesehatan, karena dapat melakukan penetrasi dalam persendian yang menimbulkan rasa sakit luar biasa, seperti encok.
  3. Karena glukosa yang dikandungnya, anggur dapat memelihara kesehatan hati (lever), mengaktifkan tugas-tugasnya, dan dapat menambah sekresinya (proses pengeluaran substansi kimia berbentuk lendir (enzim dan hormon) oleh sel dan kelenjar) dalam memproduksi getah air empedu.  (Sumber  http://www.ummi-online.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...