26.12.14

Meringankan Gangguan Tulang


Bundaaa.... Jangan biarkan usia memangkas tulang Anda. Namun, bagi Anda yang mengalami masalah pada tulang, ini cara meringankannya!

Rheumatoid Arthritis

Penyakit auto-immune ini menyerang sistem kekebalan tubuh mulai jaringan urat dagingnya sendiri. Bagian tubuh yang paling sering mengalami rheumatoid arthitis adalah tangan, kaki, lutut, pergelangan tangan, leher, dan pergelangan kaki.

Cara meringankan, terapi-terapi pelengkap bisa berguna untuk menghilangkan atau meredakan gejala, terapis diet, atau diet eliminasi.

Terapis diet akan merekomendasikan pembatasan asupan lemak hewani dan memberikan suplemen-suplemen seperti multivitamin, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E (kecuali jika Anda juga mengonsumsi obat-obat anti-coagulant), glukosamin sulfat dan zinc.
Sedang, diet eliminasi juga mungkin dianjurkan jika ada kecurigaan penyakit itu terkait dengan intoleransi terhadap makanan tertentu.

Osteoarthritis

Gangguan tulang ini disebabkan, tulang rawan di persendian terus berkurang dan akhirnya bisa saling bergesekan sehingga menimbulkan pertumbuhan jaringan tulang yang dikenal sebagai spurs.
Cara meringankan, tidak ada obat yang definitif untuk osteoarthritis. Pengobatan yang diberikan terbatas untuk meredakan nyeri. Suplemen antioksidan juga perlu diminum untuk membantu memerangi radikal bebas yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada persendian.
Para terapis diet juga menyarankan konsumsi harian suplemen gamma-linolenic acid (GLA). Selain itu, diet sehat yang rendah lemak jenuh, dan tinggi dalam minyak-minyak ikan juga bisa sangat membantu.

Sakit Punggung

Nyeri punggung biasanya disebabkan keseleo otot atau persendian atau problem piringan sendi. Sakit punggung merupakan suatu gejala dan bukan penyakit.
Cara meringankan, diantaranya:
- Berbaringlah telentang dengan kedua lutut ditekuk.
- Berikan kompres dingin pada area yang nyeri.
- Buat kompres hangat yang terbuat dari campuran minyak-minyak esensial dari chamomile, rosemary, eucalyptus dan lavender. Masukkan masing-masing minyak itu sebanyak 8 tetes per 100 ml air panas.
Rendam kain kasa ke dalam campuran air dan minyak, peras, dan kompres ke punggung. Letakkan handuk hangat ke atas kompres dan biarkan selama 2 jam.
- Mandi air panas bisa meredakan nyeri.
- Pastikan punggung mendapat topangan yang memadai dari kursi dan kasur.
- Tidurlah miring dengan lutut ditekuk dan letakkan bantal di antara kedua lutut (atau tidurlah telentang dengan bantal ditopangkan di bawah kedua lutut).

Perhatikan Gaya Hidup!

Selain faktor usia, berbagai gangguan yang terjadi pada tulang ternyata juga disebabkan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Seperti, merokok, minum minuman beralkohol atau berkafein secara berlebih, dan pola makan yang kekurangan mineral.
Gaya hidup sedentair (lebih banyak duduk ketimbang bergerak aktif) juga berisiko tinggi menyebabkan terjadinya berbagai penyakit tulang. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu pun bisa melemahkan tulang.
Obat-obatan seperti itu meliputi antasida yang mengandung aluminium, sebagian obat anticonvulsant atau obat antikejang, obat penurun-kolesterol tertentu, dan sebagainya.
(Sumber  http://nyata.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...