25.12.14

5 Alasan Orang Berkulit Gelap Harus Bersyukur


Bundaaa...Punya teman atau kenalan yang sangat ingin punya kulit putih? Atau jangan-jangan Sahabat Bunda sendiri mendamba kulit yang berwarna lebih cerah?! Eit, perlu baca yang satu ini!
Mengapa mau repot-repot pakai produk pemutih atau perawatan mahal di salon agar kulit lebih cerah? Kalau bukan karena suami yang meminta sih, lebih baik pertahankan bersihnya kulit gelap kita!

BUNDA... sudah tahu belum beberapa manfaat kulit berwarna gelap? Ini beberapa di antaranya:

 

1. Terhindar dari resiko kanker kulit yang bisa mengancam kesehatan

Orang berwarna kulit putih atau biasanya dimiliki oleh orang Kaukasia atau orang bule cenderung lebih mudah untuk terkena kanker kulit daripada orang yang berpigmen gelap.
Karena itu, setiap orang luar atau bule lebih tertarik untuk menghitamkan kulit mereka karena, kulit yang terlalu putih mudah terkena paparan sinar ultra violet yang sangat merusak jaringan sel kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit yang sangat menganggu kesehatan. Karena itu, jika kita termasuk ke dalam orang yang berkulit legam,harus bersyukur karena, anda terhindari dari resiko kanker kulit yang sangat mematikan.

2. Tidak mudah berkerut

Kelebihan memilki kulit gelap adalah kulit orang berkulit hitam cenderung tidak mudah berkerut. Hal tersebut dibuktikan karena, serat kolagen dalam kulit berwarna gelap lebih tebal dan lebih banyak dibandingkan dengan orang berkulit putih yang memilki serat kolagen yang lebih tipis
Selain di pantai, para bule juga rela untuk merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk melakukan perawatan untuk menghitamkan kulit mereka. Selain resiko kepanasan, merekapun beresiko kanker kulit walau sudah memakai krim. Juga ada yang melakukan Tanning  di pusat pelayanan kecantikan (salon). Tanning adalah proses agar kulit putih menjadi gelap dengan memakai bahan kimia yang dicampur.

3. Tahan radiasi ultraviolet.

Kelebihan lainnya dari kulit kita yaitu lebih tahan radiasi ultraviolet. Dalam tubuh kita ada zat yang bernama melanin yang membuat kulit kita berwarna kecoklatan. Melanin mempunyai fungsi utama yaitu melindungi epidermis dan dermis dari bahaya radiasi ultraviolet.

4. Warna kulit yang lebih hangat

Meskipun semua orang memiliki jumlah sel-sel melanosit yang sama, orang yang berkulit gelap mempunyai melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak. Meningkatnya melanin inilah yang memberikan kulit warna yang lebih hangat, demikian menurut pakar penyakit kulit Susan C. Taylor, MD, yang juga penulis buku Brown Skin: Dr. Susan Taylor's Prescription for Flawless Skin, Hair, and Nails.

5. Menghambat radikal bebas.

Radikal bebas akan dihadapi sebagai akibat menyebarnya kerusakan sel-sel manusia. Menurut Diana Clarke, pendiri situs The Sun and Your Skin, melanin berperan dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. "Melanin memengaruhi lemak yang menahan kelembaban di stratum corneum (lapisan terluar pada epidermis). Jika kulit kehilangan kelembabannya, kulit menjadi kering dan pecah-pecah," tutur Clarke.
Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang pandai bersyukur atas apa yang kita miliki. Aamiin. Moga bermanfaat!
(Sumber  http://www.ummi-online.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...