31.12.14

Mengenal Macam-Macam Bedak

 

 Bedak tentu tidak bisa dipisahkan dari wanita.maka, agar tak salah pilih, yuk kenali macam-macamnya!


Dikatakan dr Retno Iswari Tranggono SpKK, pada dasarnya bedak memiliki fungsi utama menyerap keringat. ”Tapi, secara lebih spesifik, bedak dengan beragam jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Agar tidak muncul gangguan akibat penggunaan bedak, tentu pemilihannya harus sesuai dengan jenis kulit. Untuk itu, Retno menyarankan untuk mengenali jenis-jenis bedak yang dijual di pasaran lebih dahulu. Berikut ini di antaranya:

1. Body Talc

Body talc adalah bedak yang berbentuk bubuk. Bedak ini berwarna putih. Body talc digunakan sebagai bedak tubuh untuk menyerap keringat.
”Biasanya digunakan di seluruh tubuh, terutama di daerah lipatan yang sering berkeringat, seperti leher, ketiak, lipatan siku, pangkal paha, atau lipatan bagian belakang lutut. Cara pemakaiannya tinggal ditaburkan saja,” terang Retno.

2. Loose Powder

Seperti body talc, loose powder juga berupa bubuk, tapi tersedia dalam berbagai warna. ”Bedak yang sudah diberi warna biasanya sudah beralih fungsi menjadi riasan dekoratif atau kosmetik untuk wajah,” jelas Retno.
Cara pemakaiannya juga hampir sama dengan body talc, yaitu ditaburkan. Karena itulah, disebut bedak tabur. ”Bedak tabur bisa menyerap minyak dengan baik, sehingga cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak,” ujar Retno.

3. Compact Powder

Bentuknya yang padat membuatnya mudah menyerap dan mengurangi minyak pada wajah dengan cepat. Karena itu, bedak padat sesuai untuk kulit berminyak.
Compact powder merupakan bedak yang berwarna, sehingga tergolong bedak kosmetik yang penggunaanya hanya di wajah bukan di tubuh.

4. Two Way Cake

Bedak ini juga berbentuk padat seperti compact powder. Yang membedakan adalah two way cake memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alas bedak (foundation) dan juga sebagai bedak yang bisa menyerap minyak seperti bedak tabur dan bedak padat.

5. Foundation

Foundation adalah alas bedak yang dipakai sebelum memakai bedak. Penggunaan alas bedak ini sangat menentukan hasil akhir riasan. Selain warna, juga perlu diperhatikan pemilihan jenisnya, seperti:

- Liquid Foundation

Liquid foundation adalah alas bedak yang berbentuk cair. Karena bentuknya yang cair, liquid foundation bisa menutup noda hitam di wajah dengan baik. Selain itu juga bisa menutup warna kulit yang tidak rata. Alas bedak jenis ini cocok untuk kulit berminyak.

- Cream Foundation

Alas bedak jenis ini digunakan untuk pemakaian yang lebih ’berat’ karena bisa menutupi kekurangan pada wajah wajah lebih sempurna. Cream foundation cocok digunakan untuk kulit kering.

- Compact Foundation

Alas bedak jenis ini bisa melembabkan kulit, sehingga cocok untuk kulit kering. Selain itu, bentuknya yang padat bisa digunakan untuk menyamarkan noda yang ada di wajah.

- Stick Foundation

Stick foundation cocok untuk kulit berminyak. Selain itu juga bisa untuk menutupi noda.
(sumber  http://nyata.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...