20.12.14

Sikat Tepat, Gigi pun Sehat

 

Bundaa...Menjaga kesehatan gigi, ternyata bukan hanya bergantung pada cara kita menyikat gigi. Pemilihan sikat gigi pun berperan penting!

Secara umum, sikat gigi yang dianjurkan oleh para dokter gigi adalah yang bertangkai lurus memanjang dengan jumlah bulu sikat sebanyak 13 ikatan vertikal dan 4 ikatan horizontal. Tetapi, angka ini bukan sesuatu yang mutlak. Yang terpenting tentu sesuaikan sikat gigi yang Anda pilih dengan besar kecilnya gigi, besar kecilnya mulut, dan kedalaman rongga mulut.

Pilih pula sikat gigi yang bulunya tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Bulu sikat yang terlalu lembut takkan sanggup meluruhkan kuman dan plak pada gigi. Sementara bulu sikat yang terlalu keras dapat mengikis lapisan email gigi dan membuat gigi terasa ngilu.

Selain itu, pilih sikat gigi yang bagian kepalanya melengkung mengikuti lengkungan gigi. Akan lebih baik jika tangkainya panjang, sehingga gigi yang terletak paling dalam bisa tersikat. Saat Anda bepergian, pilih sikat gigi yang dilengkapi ’helm’. Tetapi ingat, tiap usai memakainya, cuci bersih ’helmnya’.
Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan ialah ganti sikat gigi Anda tiap 6 bulan sekali. Jangan lupa pula memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter secara teratur
(Sumber  http://nyata.co.id/serba-serbi)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...