24.12.14

Siku dan Lutut Cerah dengan Bahan Alami

 

Bundaa...Siku dan lutut adalah bagian tubuh yang paling mudah kusam dan menghitam. Tenyata masalah tersebut bisa diatasi menggunakan bahan-bahan alami, loh. Bahan apa saja yang bisa dipakai?

 
Tidak adanya kelenjar minyak pada kulit siku dan lutut, membuat area kulit tersebut secara alami lebih kering ketimbang bagian kulit tubuh lainnya. Akibatnya, kulit siku dan lutut jai lebih keras, bersisik, dan menghitam.
Kondisi tersebut seringkali diperparah dengan gerak siku dan lutut yang menyebabkan kulit bagian itu teregang dan mengerut secara berulang-ulang. Sehingga, memudahkan kotoran atau debu menempel.
Untuk membersihkan, menghaluskan, serta mencerahkan kulit siku dan lutut, memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

*Madu dan Yogurt

Kandungan asam laktat dalam yogurt mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit yang kusam atau menghitam. Sedang madu berfungsi melembutkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat yogurt dan madu pada lutut dan siku, buatlah ramuan berikut:
- Ambil satu sendok makan yogurt tanpa rasa (plain).
- Tambahkan satu sendok teh madu. Aduk hingga bercampur sempurna.
- Ambil segenggam beras. Tumbuk halus. Tambahkan pada campuran yogurt dan madu. Aduk hingga bercampur rata.
- Lakukan scrub dengan ramuan tersebut pada siku dan lutut dengan gerakan melingkar selama 5 menit pada masing-masing bagian siku dan lutut.
- Bilas dengan air hangat.
Catatan:
Fungsi beras untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati serta menghaluskan kulit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan scrub secara rutin tiga kali seminggu. Dalam tiga bulan hasil yang diinginkan biasanya sudah didapatkan.

*Bawang Merah

Kandungan flavonoid dan fenol dalam bawang merah bisa menembus kulit dan melunakkan bagian kulit yang mengeras. Sehingga, efektif mengatasi penebalan kulit lutut dan siku yang menyebabkannya menghitam. Caranya:
- Ambil empat butir bawang merah. Cincang hingga halus.
- Tambahkan satu sendok minyak kelapa. Aduk hingga bercampur rata.
- Tumis bawang merah sebentar. Biarkan hingga minyaknya jernih.
- Saring, dan ambil minyaknya. Campur dengan seperempat cangkir sampo bayi. Aduk hingga bercampur rata.
- Dalam kondisi hangat, tuangkan ramuan pada saputangan.
- Balutkan saputangan pada area kulit lutut dan siku. Biarkan selama 10-15 menit.
Catatan:
Kandungan dalam shampo bayi berfungsi untuk menghilangkan sisik-sisik di kulit. Jika ingin digunakan lagi, panaskan saputangan yang mengandung ramuan dengan microwave atau kompor.

*Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.
Sedang bagian kulitnya, berkhasiat menghaluskan kulit di bagian tubuh yang cenderung mudah kasar. Misalnya, di bagian siku, lutut, maupun bagian lain di kaki dan tangan. Caranya:
- Sediakan satu buah alpukat yang telah masak. Belah menjadi dua bagian.
- Hilangkan dagingnya dan ambil bagian kulitnya saja.
- Gunakan sisi dalam dari kulit alpukat untuk digosokkan di siku dan lutut.
Catatan:
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan perawatan secara teratur. Bila tidak ada alpukat, Anda juga dapat menggunakan sisi dalam kulit pepaya segar sebagai penggantinya. Efek yang didapat tidak jauh berbeda.

*Lemon dan Garam

Kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam lemon mampu menggelontor kotoran-kotoran di kulit dan mencerahkan kulit yang kusam. Sedang garam, bermanfaat mengikis sel-sel kulit mati. Sehingga, membuat kulit lebih halus. Caranya:
- Ambil dua buah jeruk lemon ukuran sedang. Peras dan ambil airnya.
- Tambahkan dua sendok teh garam. Aduk hingga bercampur rata.
- Lakukan scrub pada siku dan lutut secara perlahan untuk mengikis sel-sel kulit mati.
- Biarkan selama 10 menit agar zat-zat berkhasiat dalam lemon bekerja mencerahkan kulit.
- Ambil handuk dan celupkan dalam air hangat. Peras, dan gunakan untuk membersihkan sisa-sisa ramuan pada siku dan lutut.
Catatan:
Lakukan perawatan dengan ramuan ini hingga kulit siku dan lutut terlihat cerah dan halus. Setiap selesai melakukan perawatan, usapkan pelembab untuk mencegah kekeringan pada kulit.

*Gula merah dan Minyak Zaitun

Kandungan zat-zat di dalam gula merah dapat membantu proses pengelupasan dan pengangkatan sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. Sedang minyak zaitun berkhasiat melembutkan dan melembabkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat kedua bahan bagi siku dan lutut, lakukan perawatan berikut:
- Sediakan seperempat cangkir gula merah. Iris tipis-tipis dan gerus hingga halus.
- Tambahkan dua sendok teh minyak zaitun. Aduk hingga bercampur rata.
- Usapkan ramuan pada siku, dan lutut dengan gerakan memutar selama sekitar 10 menit.
- Bilas dengan air hangat.
Catatan:
Lakukan perawatan menggunakan ramuan ini setiap tiga hari sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Fakta Perawatan Siku dan Lutut

- Karena tidak terdapat kelenjar minyak pada kulit siku dan lutut, sebaiknya area kulit tersebut seringkali diberi pelembab untuk mencegah kekeringan dan bersisik.
- Untuk kulit siku yang sangat kering, gunakan krim emolien atau vaseline untuk melembutkan dan menghilangkan sisik-sisik pada kulit.
- Mengusapkan vitamin E (biasanya terdapat dalam bentuk minyak) pada siku dan lutut secara rutin dapat mencegah kekeringan sekaligus mencerahkan area kulit yang kusam pada siku dan lutut.
- Hasil perawatan pada siku dan lutut tidak diperoleh secara langsung.
Melainkan, melalui beberapa kali aplikasi. Namun, begitu hasil yang diinginkan didapat, sebaiknya jangan hentikan perawatan. Sebab, akan membuat kulit siku dan lutut kembali kasar dan kusam.
(Sumber  http://nyata.co.id/tips)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...