24.12.14

Hati-hati, Anak Infeksi Telinga Saat Berenang


Bundaa...Jika anak Anda mengalami kesakitan pada telinganya setelah berenang di danau ataupun di pantai, mungkin saja ia terserang penyakit swimmer’s ear/tropical ear atau infeksi telinga. Kita baca ulasannya yuuk....

Swimmer’s ear merupakan infeksi yang terjadi di dalam saluran telinga ataupun di luar telinga yang disebabkan oleh bakteri ataupun jamur.

Inilah yang terjadi: memiliki kelembapan berlebih di dalam telinga akan mengurangi imunitas kulit yang dapat melawan bakteri dan jamur di dalam telinga. Menurut Max April, M. D., professor otorhinolaryngology di Weill Cornell Medical College, New York City, anak yang jenis kulitnya cenderung kering, lalu tiba-tiba lembap. sering mengalami gagguan ini. Gejalanya, salah satu telinga terasa sakit (telinga akan terasa sakit ketika disentuh dan berwarna merah).

Bagaimana cara mengatasinya?

 Gunakan ibuprofen sesuai dengan aturan. Gunakan waslap yang telah dibasahi air hangat dan dekatkan di telinga yang terasa sakit. Apabila telinga bertambah sakit, kemudian anak Anda menjadi demam, ataupun telinganya mengeluarkan cairan, segera telepon dokter anak Anda. Mungkin anak Anda butuh antibiotik.

Bagaimana cara mencegahnya?

 Setelah anak Anda berenang selalu keringkan telinganya. Biarkan anak Anda mengeringkan kepalanya dengan memiringkan kepalanya baik kanan maupun kiri, lalu keringkan dengan handuk. Jika anak Anda sering terkena swimmer’s ear, coba pakaikan penutup telinga pada anak Anda.
(Sumber  http://www.parenting.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...