27.12.14

Bahaya Tidak Rutin BAB, dan 8 Cara Alami untuk Mengatasinya

 

Bundaaa, normalnya seseorang melakukan buang air besar (BAB) adalah 2 kali dalam 1 hari. Paling telat pun, 3 hari sekali. Akan tetapi, pernah merasakan susah BAB? Atau BAB tidak setiap hari? Sebelum terlambat, ayo waspadai dari sekarang!


Kalau berbicara soal kotoran, itu sama saja racun. Jika tak rutin, maka racun akan menempel di dinding usus. Dengan kata lain, tidak buang air besar secara teratur setiap hari dapat memberikan akibat negatif bagi kesehatan.

Apa saja efek atau akibat yang ditimbulkan jika tidak BAB rutin? Bagaimana cara alami mengatasinya? Simak ulasan singkat berikut ini:

EFEK BAB TIDAK RUTIN

Pertama: Perut terasa kembung/ penuh

Pasalnya aktivitas makan seseorang tentu tak akan pernah berhenti setiap harinya. Namun di sisi lain proses pengeluarannya terhenti, akibatnya saluran pencernaan bagian bawah akan menampung banyak sisa makan hasil pencernaan. Hal seperti ini biasanya akan menyebabkan rasa penuh sesak pada perut dan tak kadang perut akan terasa sakit.

Kedua: Penyakit ambeien/ wasir

Sampah yang tak kunjung dikeluarkan akan terus mengalami penyerapan air di daerah pencernaan bagian bawah. Alhasil fases akan menjadi semakin padat, keras, dan kering.
Hal ini tentunya akan menyebabkan sembelit parah yang jika terjadi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan, yakni ditandai dengan keluarnya darah ketika BAB.

Ketiga: Gejala kanker usus besar atau kanker kolorektal

Kanker dapat dipicu oleh gejala-gejala yang dianggap remeh. Perubahan siklus buang air besar merupakan gejala yang patut diwaspadai dalam mengantisipasi kanker kolorektal.
Normalnya, waktu transit yang dibutuhkan makanan dari sejak masuk hingga dikeluarkan lagi melalui anus tidak melebihi 48 hingga 72 jam. Jika waktunya melebihi angka tersebut, sebaiknya harus berhati-hati.

8 METODE PERLANCAR BAB


1.Minum Cukup Air

Dalam satu hari setidaknya  harus mencukupi asupan cairan minimal 1,5 liter atau 8 gelas. Dengan mencukupi asupan cairan proses pencernaan sobat akan lancar, selain itu air juga mampu menghilangkan racun racun yang ada di dalam tubuh.

2.Kurangi konsumsi kafein, seperti kopi, teh

Ketiga minuman ini dapat mengakibatkan dehidrasi.

3.Kurangi gorengan.

Gorengan mengandung banyak minyak. Diduga dapat mengganggu lancarnya pencernaan.

4.Perbanyak Sayuran yang Tinggi Serat

Serat mampu membuat kita terhindar dari sembelit. Karena serat sulit dicerna oleh tubuh kita, serat akan menjaga cairan yang ada di usus besar tidak sepenuhnya terserap kembali oleh dinding usus sehingga tinja akan tetap lunak.

5.Perbanyak Konsumsi Pepaya

Pepaya selain kaya dengan vitamin C ternyata buah ini juga tinggi serat sehingga sangat membantu dalam proses melancarkan susah buang air besar

6. Konsumsi Stoberi

Makan stroberi ternyata juga mampu melancarkan BAB, selain mendapatkan BAB lancar stroberi sangat kaya vitamin C yang sangat bagus untuk kulit kita.

7. Konsumsi Pisang

Makan pisang juga bermanfaat untuk melancarkan BAB. Pisang dipercaya mampu melancarkan susah buang air besar.

8. Rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt.


Probiotik merupakan organisme hidup yang jika digunakan dalam jumlah yang sesuai dapat memberi efek baik pada kesehatan organisme baik yang hidup di dalam tubuh. Fungsi probiotik bermacam-macam. Ada yang membantu menyerap nutrisi, memproduksi vitamin dan pada sistem pencernaan, probiotik membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat dan berperan dalam ekosistem usus.
(Sumber  .ummi-online.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...