23.12.14

Jangan Makan Kulit Kentang Yang Berubah Hijau

Jangan makan kulit kentang yang berubah hijau (Foto: Healthmeup)

HEALTH

Jangan Makan Kulit Kentang yang Berubah Hijau


Facebook Twitter Google+

KENTANG merupakan bagian dari tanaman umbi-umbian yang sangat baik sebagai sumber karbohidrat dan sumber nutrisi lain bagi tubuh. Namun demikian, manfaat tersebut bisa rusak kapan saja jika tidak diperhatikan dengan benar.

Proses menyimpan dan mengolah sumber makanan bisa menambah manfaat bagi tubuh atau bahkan sebaliknya. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kentang atau lainnya menjadi berbahaya bila dimakan.

Kulit kentang menghijau

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat, tapi tahan dulu kalau kentang telah berubah warna menjadi hijau. Ini diakibatkansolanin, zat dari kelompok glikoalkaloid yang muncul jika kentang terlalu lama terpapar sinar matahari. Ini mengandung racun yang menyebabkan sakit kepala, mual, kelelahan, dan masalah pencernaan.

Singkong mentah

Singkong disarankan untuk kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, dan seratnya. Anda mungkin tidak memakannya saat masih mentah, selain aneh, ini juga bisa mematikan akibat glikosida sianogen beracun yang ada di dalamnya.

Sebagaimana dilansir dari Healthmeup, Senin (17/11/2014), sebaiknya Anda memastikan singkong selalu direndam dan dibilas, serta dimasak dengan benar untuk mengurangi potensi keracunan.

Pala

Secara umum, pala digunakan sebagai penyedap makanan dan obat kesehatan. Tetapi konsumsi pala dalam jumlah tinggi dapat berbahaya, karena kandungan myristicine di dalamnya diketahui dapat memengaruhi pikiran, menyebabkan muntah, berkeringat, pusing, halusinasi, dan sakit kepala. (Sumberhttp://m.okezone.com/read/2014/11/17/481/1066479/jangan-makan-kulit-kentang-yang-berubah-hijau)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...