24.12.14

Mencerahkan Kulit dengan 5 Bahan Alami dan Murah


Bunda kita tidak harus menggunakan produk mahal untuk mencerahkan kulit. Tapi, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang murah dan mudah didapatkan. Berikut ini di antaranya:

1. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sedang vitamin C-nya membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan regenerasi kulit, sehingga tampak lebih cerah. Caranya, ambil air perasan lemon, aplikasikan pada seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Biarkan 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu gosokkan irisan mentimun pada kulit untuk melembutkan. Lakukan perawatan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.
Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, campurkan masing-masing dua sendok air lemon dan gula. Campur merata, kemudian oleskan pada wajah, leher, dan tangan dengan gerakan memutar. Biarkan 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

2. Kunyit

Kunyit adalah bahan antiseptik dan pencerah kulit yang mampu meminimalkan bekas luka, vlek, dan hiperpigmentasi. Caranya, siapkan satu sendok makan bubuk kunyit, tambahkan jus nanas, campur hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher. Biarkan sampai kering, kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali seminggu untuk mengurangi bintik-bintik hitam. Atau, buat pasta dengan mencampur bubuk kunyit dan garam dengan sedikit air dan susu. Oleskan merata pada kulit wajah dan leher. Biarkan mengeri, kemudian cuci dengan air hangat dengan menggosok kulit secara lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali.

3. Madu

Madu adalah pelembab dan pelembut kulit dan memiliki sifat antibakteri yang membantu menangkal infeksi. Caranya, oleskan madu langsung pada kulit. Biarkan kering secara alami, bilas dengan air hangat. Anda juga dapat mencampurkan satu sendok teh madu dengan dua sendok teh susu dan satu sendok teh garam. Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah dan leher. Biarkan 20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali.

4. Mentimun

Mentimun mampu memerbaiki sel-sel kulit yang rusak, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, iris-iris mentimun, kemudian gosokkan pada seluruh wajah. Biarkan semalaman, esok paginya bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sebelum tidur. Atau, campur jus mentimun dan jus lemon. Oleskan bahan tersebut pada wajah, biarkan kering, kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan itu setiap hari.

5. Pepaya

Pepaya mampu memerbaiki tekstur kulit, membantu mengurangi bekas luka, enzim papainnya bersifat antibakteri dan menyembuhkan luka, serta mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, pepaya dipotong kecil-kecil. Campur satu sendok teh bubuk cendana dan madu. Blender hingga jadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher. Biarkan hingga kering, bilas dengan air dingin dan terapkan air mawar. Lakukan perawatan tersebut seminggu sekali
(Sumber  http://nyata.co.id/tips)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...