23.12.14

Penyebab Dan Cara Menurunkan Kolesterol

Penyebab Dan Cara Menurunkan Kolesterol



Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang

80% dihasilkan dari dalam tubuh yaitu oleh organ hati dan 20% sisanya dari luar tubuh yaitu oleh zat makanan untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel. Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan kadar kolesterol ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol tidak dapat larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai pembawa kolesterol dalam darah .

Kadar kolesterol yang tinggi sekarang menjadi masalah bagi banyak orang tanpa mengenal usia. Memang tubuh tetap memerlukan kolesterol untuk pembentukan sel dan hormon, akan tetapi kolesterol jahat yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Peningkatan kadar kolesterol terjadi karena berbagai faktor, mulai dari riwayat keluarga sampai asupan yang salah seperti :

Pola makan Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol. Lemak jenis ini banyak ditemukan pada organ dalam daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue-kue, serta berbagai jenis makanan yang digoreng.

Berat badan: Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang bukan hanya membuat Anda repot mencari celana yang pas, tapi juga meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kolesterol baik ( HDL ).

Tingkat aktivitas: Kurang beraktivitas juga akan meningkatkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dan membuat HDL terlalu sedikit.

Usia dan jenis kelamin: Di atas usia 20 tahun, kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat kecuali Anda melakukan suatu hal untuk menghentikan kecenderungan tersebut.

Riwayat keluarga: Ada orang-orang tertentu yang tetap memiliki kadar kolesterol tinggi meskipun sudah menjalankan gaya hidup yang sehat dan seimbang, hal itu disebabkan karena Faktor keturunan yang juga berperan dalam terjadinya kelebihan kolesterol jahat.

Merokok: Banyak orang pasti sudah tahu bagaimana bahayanya merokok. Selain merusak paru, kebiasaan merokok juga akan menurunkan level kolesterol baik.



Jangan melewatkan pemeriksaan kesehatan rutin dan mintalah dokter menjelaskan risiko Anda terhadap berbagai penyakit. Memiliki beberapa jenis penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid yang bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Jika Anda telah didiagnosa dengan kolesterol tinggi, pada awalnya Anda akan disarankan untuk membuat perubahan untuk diet Anda dan meningkatkan tingkat latihan.

Setelah beberapa bulan, jika tingkat kolesterol Anda belum turun, Anda biasanya akan disarankan untuk mengambil obat penurun kolesterol, mengubah diet Anda, berhenti merokok, dan melakukan lebih banyak lagi olahraga yang juga akan membantu mencegah kolesterol tinggi berkembang.

Diet

Mengkonsumsi makanan sehat yang rendah lemak jenuh dapat mengurangi tingkat LDL (kolesterol jahat).

Cobalah untuk menghindari atau mengurangi makanan berikut, yang kaya akan lemak jenuh:

        1. potongan lemak daging dan produk daging, seperti sosis

        2. mentega dan lemak babi

        3. krim, krim asam, es krim

        4. keju

        5. kue dan biskuit

        6. coklat

        7. minyak kelapa, santan dan minyak sawit

Menurut Food Standards Agency rata-rata pria seharusnya tidak memiliki lebih dari 30g lemak jenuh per hari sedangkan rata-rata wanita seharusnya tidak memiliki lebih dari 20g lemak jenuh per hari.

Banyak ahli percaya bahwa lemak yang baik untuk Anda ditemukan dalam ikan seperti makarel, salmon dan ikan tuna. Ini dikenal sebagai omega-3 asam lemak dan dosis tinggi dapat meningkatkan (lebih rendah) kadar trigliserida pada beberapa pasien yang mempunyai kolesterol.

Obat penurun kolesterol

Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang bekerja dengan cara yang berbeda-beda. dokter Anda dapat menyarankan Anda tentang jenis yang paling cocok pengobatan. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) jika hal itu mempengaruhi Anda.

Obat-obat yang paling sering diresepkan adalah sebagai berikut.

Statin

Statin berguna memblokir enzim (sejenis bahan kimia) dalam hati Anda yang membantu membuat kolesterol. Hal ini menyebabkan penurunan kadar kolesterol darah Anda.

Statin hanya akan diresepkan untuk orang-orang yang terus berada pada risiko tinggi penyakit jantung.

Aspirin 

Dalam beberapa kasus, dosis harian rendah aspirin dapat diresepkan, tergantung pada usia  dan faktor lainnya. Anak usia di bawah 16 tahun sebaiknya tidak menggunakan aspirin). Aspirin dosis rendah dapat mencegah penggumpalan darah dari pembentukan.

Niacin

Niacin adalah vitamin B yang ditemukan dalam makanan dan suplemen multivitamin. Dalam dosis tinggi (tersedia dengan resep), niacin menurunkan LDL dan trigliserida dan meningkatkan HDL. Namun, dapat menyebabkan efek samping, terutama pembilasan (memerah di wajah), sehingga tidak umum digunakan. Mengambil dosis tinggi untuk waktu yang lama juga bisa menyebabkan kerusakan hati.

Departemen Kesehatan menyarankan bahwa Anda harus bisa mendapatkan jumlah niasin yang Anda butuhkan dengan makan makanan yang bervariasi dan seimbang. Jika Anda mengambil suplemen niacin, tidak mengambil terlalu banyak karena ini mungkin berbahaya.

Ezetimibe

Ezetimibe adalah obat yang menghalangi penyerapan kolesterol dari makanan dan jus empedu di usus Anda ke dalam darah Anda. Hal ini umumnya tidak seefektif statin, tetapi cenderung datang dengan efek samping.

Anda dapat mengambil ezetimibe pada saat yang sama seperti biasa statin jika kadar kolesterol Anda tidak cukup rendah dengan statin saja. Efek samping dari kombinasi ini umumnya sama dengan statin saja (nyeri otot dan masalah perut).

Anda dapat mengambil ezetimibe dengan sendirinya jika Anda tidak dapat mengambil statin. Ini mungkin karena Anda memiliki kondisi medis lain atau minum obat yang mengganggu cara kerja statin, atau karen

(Sumber http://rianujatripangestu.blogspot.com/2013/06/penyakit-kolesterol.html?m=1)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...