24.12.14

4 Alasan Dilarang Memencet Jerawat

Sahabat Ummi, sering gemas melihat benjolan merah dengan titik di tengahnya yang membuat muka bagai malam dengan bintang-gemintang?

Sabar… meskipun sudah gatal ingin memencet jerawat, namun diperlukan pengendalian diri agar tidak sembarangan memencetnya. Setidaknya ada 4 alasan mengapa kita ‘diharamkan’ memegang-megang bahkan memencet jerawat:

1.       Infeksi

Memencet jerawat bisa memicu terjadinya infeksi pada jaringan kulit. Hal itu bisa saja menyebabkan infeksi yang lebih serius yang kemudian membutuhkan perawatan intensif dokter.  Sebab, tangan yang  kita gunakan untuk mengeluarkan jerawat tidak seratus persen bersih, walaupun  sudah mencuci tangan terlebih dahulu.

Masih ada banyak bakteri di tangan yang kemudian akan memasuki luka bekas jerawat yang masih terbuka. Hal inilah yang menyebabkan infeksi.

Yang lebih parah, banyak yang belum mengetahui bahwa pada wajah ada tiga daerah, yaitu bagian hidung, mulut, dan mata, di mana ketiga daerah tersebut biasa disebut dengan 'segitiga maut'. Sebab, bila ketiga daerah tersebut mengalami infeksi, hal itu beresiko memicu masuknya kuman ke otak karena pembuluh darahnya langsung menyambung sampai otak. Risiko menyebabkan kematian bisa terjadi, meski kasusnya memang jarang

 Jadi, jangan asal-asalan memencet jerawat ya!

2.       Penyebaran bakteri

Memencet jerawat dapat mendorong bakteri masuk lebih jauh ke bawah kulit. Hal ini dapat menciptakan area terbuka yang membuat kuman lebih mudah untuk masuk ke dalam kulit, dan dapat membuat kondisi jerawat menjadi lebih buruk, atau membuat jerawat baru muncul.

3.       Bekas luka

Ketika kita memencet jerawat, artinya kita memaksa kotoran keluar sehingga merobek kulit. Saat  menekan area yang ditumbuhi jerawat, sebenarnya kita sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan ke wajah dan ke jerawat, sehingga malah membuatnya infeksi. Dari sini lah awal mula terjadi bekas-bekas jerawat yang sulit dihilangkan lagi.

4.       Membengkak

Alasan mengapa  dilarang memencet jerawat adalah karena dapat membuat jaringan kulit menjadi bengkak dan membentuk ruam. Pembengkakan tersebut terjadi karena luka yang menjadi infeksi dan timbul bakteri.

Jadi untuk mengempiskan dan menghilangkan jerawat, sebaiknya gunakan krim khusus yang ampuh untuk mengeringkan daerah berjerawat dan membunuh bakteri. Jika sudah terlanjur bengkak, usapkan es batu tepat di atas kulit jerawat, sebelum menggunakan krim anti-jerawat. Jika jerawat tetap meradang, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit.

(Sumberhttp://ummi-online.com/4-alasan-dilarang-memencet-jerawat.html)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...