18.12.14

6 Cara Mengatasi Kaki yang Sakit


 Bundaa terlalu lama berjalan,sering memakai sepatu hak tinggi kadang membuat kaki kita terasa sakit..nah ini ada ulasannya..semoga bermanfaat yaaa...

Kaki yang terasa sakit terkadang memiliki penyebab yang jelas, seperti infeksi jamur, mata ikan, kapalan atau kuku yang tumbuh ke dalam. Jika ketidaknyamanan yang Anda rasakan hanya karena kelelahan atau ukuran sepatu yang kurang pas, teman terbaik Anda mungkin air – hangat atau dingin, dengan atau tanpa tambahan herba – atau beri pijatan yang menyegarkan.
Jika tidak ada yang bersedia memijat kaki Anda, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memberikan kaki Anda perlakukan yang dibutuhkan.

1. Rendam Kaki. Untuk memberi perawatan yang menyegarkan dan menyenangkan pada kaki yang nyeri, isilah sebuah baskom dengan air dingin dan baskom yang lain dengan air panas dengan suhu yang tetap membuat Anda nyaman. Duduklah di kursi yang nyaman, dan rendam kaki Anda dalam air dingin. Setelah lima menit, beralihlah ke air panas. Ulangi hal itu. Aktivitas "hydromassage" itu melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah di kaki Anda secara bergantian, serta memperlancar sirkulasi darah.

Untuk memanjakan kaki Anda dengan minyak esensial, isilah sebuah mangkuk dengan air panas dan tambahkan dua tetes minyak peppermint serta empat tetes minyak kayu putih dan rosemary. Rendamlah kaki Anda selama 10 menit.

Jika Anda tidak memiliki minyak esensial di rumah, cukup seduh secangkir teh yang mengandung banyak peppermint, lantas campurkan ke air.

Rendam kaki Anda dalam baskom berisi air hangat yang dibubuhi 14 gram tingtur arnica. Peningkatan aliran darah dengan seketika akan mengurangi rasa sakit.

2. Pijat Kaki. Belilah roller yang dirancang khusus untuk memijat telapak kaki (tersedia di toko alat kesehatan). Atau, Anda juga bisa menggulirkan kaki telanjang Anda pada bola tenis, bola golf atau rolling pin (gilingan adonan kue) selama beberapa menit.

Untuk membuat minyak pijat yang dapat meredakan rasa nyeri di kaki, campurkan tiga tetes minyak cengkih dengan tiga sendok makan minyak wijen. Campur hingga rata, dan pijat kaki Anda yang sakit menggunakan minyak tersebut. Untuk alternatif lain, minyak gosok yang bisa Anda coba adalah campuran tiga tetes minyak lavender, setetes minyak camomile dan setetes minyak geranium, serta dua sendok teh minyak zaitun.

3. Pelapis Sepatu. Pelapis sepatu, atau biasa disebut ortotik, membantu meringankan rasa sakit pada kaki yang disebabkan oleh flat feet atau fallen arches — kaki datar, yaitu seluruh telapak kaki menapak ke tanah saat melangkah. Ortotik tersedia di toko alat kesehatan atau podiatris (ahli penyakit kaki).

4. Olahraga Kaki. Sebarkanlah beberapa batang pensil di lantai, dan coba ambil pensil-pensil tersebut menggunakan jari-jari kaki Anda. Latihan itu sedikit membantu meringankan sakit kaki. Gulungkan karet gelang tebal di semua jari pada satu kaki.  Sebarkan jari-jari kaki dan tahan peregangan selama lima detik. Ulangi sepuluh kali untuk meringankan rasa nyeri di kaki akibat sepatu yang sempit.

5. Pereda Nyeri Tumit. Nyeri tumit, terutama pada pagi hari, mungkin pertanda plantar fasciitis — peradangan pada jaringan yang menghubungkan tulang tumit ke dasar jari-jari kaki. Untuk meredakannya, regangkan otot achilles Anda (otot pergelangan kaki). Berdirilah sekitar 90cm dari dinding. Tempatkan tangan Anda di dinding, lalu gerakkan kaki kanan ke depan dan tekuk lutut Anda. Jaga agar kaki kiri tetap pada posisi lurus, dan tumit di lantai. Anda akan merasakan peregangan lembut di bagian tumit dan lengkungan telapak kaki. Tahan selama 10 detik, kemudian ulangi hal yang sama pada kaki yang berbeda.

6. Losion Kaki Kapalan. Gunakan losion yang mengandung urea, seperti balsem tumit Eulactol, pada area kaki yang kasar sebelum berubah menjadi kapalan yang merepotkan. Oleskan tipis saja karena losion yang mengandung urea bersifat menyengat.

Cara lain untuk mencegah kulit menebal atau mengeras adalah dengan merendam kaki dalam mangkuk berisi air hangat seminggu sekali. Setelah itu, oleskan losion pelembap.

Selain itu, pilihlah juga sepatu yang benar-benar pas dengan ukuran kaki Anda. Pastikan ada jarak antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu. Sepatu harus cukup lebar sehingga jari-jari kaki Anda tidak kesempitan. Tetapi jika sepatu terlalu lapang, kaki Anda akan mudah meluncur dan bergesekan dengan sisi-sisi sepatu
(Sumber  .readersdigest.co.id/sehat)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...