19.12.14

Awas, Gadget Bisa Mengancam Si Kecil! (2)


Memang tidak ada salahnya memberikan gadget pada anak. Namun, agar pemberian gadget tidak sampai mengganggu perkembangan kognitif dan motorik anak, dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K) yang bekerja pada Departemen Tumbuh Kembang Anak RSU dr. Soetomo, Surabaya, mengingatkan para orangtua untuk memerhatikan empat hal berikut ini:

1. Imbangi dengan Bermain di Luar

Jangan biarkan anak hanya bermain gadget. Imbangi aktivitasnya dengan bermain di luar ruangan atau bersosialisasi. Dengan begitu, anak tetap bisa mengembangkan kemampuan motorik dan kognitifnya. Bahkan, anak juga tetap bisa bersosialisasi.

2. Kenalkan Dimensi Asli

Gambar-gambar yang dilihat anak di gadget tentu dimensinya tidak sesuai dengan aslinya. Karena itu, kenalkan juga dimensi aslinya. Misalnya, melihat gajah yang asli di kebun binatang, melihat semut, dan sebagainya.

3. Sebagai Selingan atau Rewarding

Boleh-boleh saja anak bermain gadget, asal hanya dijadikan sebagai selingan. Atau hal itu bisa diberlakukan sebagai rewarding saat anak mau melakukan tindakan tertentu dengan baik. Jangan sampai anak menjadikan gadget sebagai mainan sehari-hari.

4. Dampingi

Yang tidak kalah penting adalah orangtua harus selalu mendampingi anak ketika bermain gadget. Dengan begitu, orangtua bisa memberi arahan dan penjelasan apa yang tampil di dalam gadget.
(Sumber  http://nyata.co.id/bebi)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...