2.3.15

Sehatkan Tubuh dengan Tempe

 

 Bukan hanya enak, tempe memang memiliki beragam gizi yang sangat penting bagi tubuh.

Jika diamati secara seksama, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia teramat gemar memakan produk hasil fermentasi kedelai ini. Meskipun kian hari harga kedelai kian melambung, namun pesona tempe tak pernah sepi peminat. Bukan hanya enak, tempe memang memiliki beragam gizi yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu, tempe juga cocok untuk dikonsumsi oleh segala macam usia, sehingga sangat tepat untuk disajikan sebagai hidangan keluarga.

Baik kedelai maupun tempe sama-sama sebagai sumber protein nabati yang sangat penting untuk dikonsumsi. Dalam 100 gram tempe terkandung 45,6 gram protein. Jumlah ini tentu sangat tinggi jika dibandingkan kandungan protein yang ada dalam daging sapi. Sebab, dalam 100 gram daging sapi hanya mengandung protein sebesar 18,8 gram. Dari sini, Anda tentu bisa berpikir bahwa masih ada sumber protein yang sangat besar dengan harga yang relatif terjangkau.

Tidak hanya protein, tempe juga mengandung beragam vitamin dan lemak sehat di dalamnya. Sebut saja, vitamin A, D, E dan K, yang sangat penting untuk menunjang beragam kesehatan anggota tubuh. Ada pula vitamin B kompleks yang cukup dibutuhkan untuk memproduksi sel darah secara teratur hingga mencegah beragam penyakit yang bisa datang kapan saja. Di samping itu, Anda juga akan menemukan beragam mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium dalam tempe. Mineral ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, khususnya bagi anak-anak.

Walau sama-sama berasal dari kedelai, namun kandungan gizi antara tempe dan kedelai sebenarnya berbeda. Proses fermentasi pada tempe berhasil meningkatkan nilai gizi, selain teksturnya yang mengalami perubahan. Tempe memiliki kandungan protein dan nitrogen terlarut lebih tinggi. Hasilnya, sumber makanan yang difermentasikan dengan mikroba Rhizopus oligosporus ini lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Mengingat anak-anak juga belum memiliki organ dan enzim pencernaan yang belum bisa bekerja maksimal, tempe ini bisa Anda sajikan pada si kecil dalam menu hariannya. Mudahnya proses pencernaan bahan makanan ini bisa Anda sajikan pula pada manula. Sebab, faktor usia juga telah membuat beberapa organ dan enzim pencernaan mengalami penurunan, sehingga membutuhkan makanan yang lunak dan mudah dicerna, seperti tempe ini. Kini, si kecil dan manula pun bisa mulai menikmati hidup sehat dengan tempe yang penuh dengan zat gizi. Selamat mencoba.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...