17.3.15

Saat Anak Tiba-tiba Sakit Mata

 

 Mata merah dan gatal membuatnya merasa tak nyaman. Bila buah hati Anda mendadak sakit mata, segera lakukan pertolongan pertama.

Cuaca yang tidak menentu bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan mata yang selama ini baik-baik saja juga bisa terserang lho. Apalagi kalau sampai si kecil yang mengalaminya. Mata merah dan gatal membuatnya merasa tak nyaman. Bila buah hati Anda mendadak sakit mata, segera lakukan pertolongan pertama dengan cara sebagai berikut.

Kompres air hangat

Menurut WebMD, mata merah bisa terjadi karena alergi. Sebagai pertolongan pertama, segera kompres dengan air hangat untuk meredakan rasa nyerinya. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan air dingin untuk meredakan gatalnya. Beri tahu si kecil untuk tidak terlalu sering menyentuh mata agar penyakit ini bisa cepat sembuh.

Madu

Selain manis, madu juga memiliki sifat antibakteri dan antibiotik. Bahan makanan yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata merah si kecil. Campurkan dua gelas air dan tiga sendok makan madu. Didihkan kemudian tunggu hingga dingin. Kalau sudah gunakan sebagai obat tetes mata agar bekteri di mata hilang dan kembali sehat.

Kentang

Dalam dunia kecantikan kentang banyak dimanfaatkan untuk meredakan kantung mata. Namun ternyata, khasiat kentang tidak hanya di situ saja lho. Sayuran ini juga berguna untuk mengobati mata merah si kecil. Letakkan potongan kentang segar di atas mata dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu angkat dan bilas. Penggunaan secara rutin akan mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan kemerahannya.

Teh

Dilansir dari lifehack, varian teh hijau dan teh hitam mengandung bioflavonoid yang akan membantu melawan infeksi virus dan bakteri. Di samping itu, tanaman ini juga mengurangi peradangan dan membuat mata si kembali segar. Kompres mata si kecil menggunakan teh celup lembap sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi infeksinya. Kalau ingin hasil yang lebih baik lagi, gunakan teh hitam agar mata si kecil bisa sembuh dengan cepat.
Jika dalam satu minggu, kondisinya belum membaik, segera periksakan ke dokter spesialis untuk mendapatkan obat dan perawatan lebih lanjut. Semoga informasinya bisa membantu ya!
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...