19.3.15

Menengok Khasiat Beras Kencur, Jamu Tradisional Kaya Manfaat

 

 Rasanya yang manis dan segar dipercaya banyak memberikan manfaat mulai dari memulihkan badan yang pegal linu hingga merangsang nafsu makan.

Di Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jamu tradisional. Mulai dari yang dijajakan penjual jamu gendongan, hingga yang masuk ke pusat perbelanjaan modern. Berbagai variasi jamu tradisional telah diwariskan oleh orang jaman dulu untuk menyembuhkan penyakit, mempertahankan kesehatan, dan menjaga kecantikan.

Salah satu jamu yang popular di tengah masyarakat, terutama yang ada di Pulau Jawa, adalah jamu beras kencur. Rasanya yang manis dan segar dipercaya banyak memberikan manfaat mulai dari memulihkan badan yang pegal linu hingga merangsang nafsu makan, demikian pernyataan dari Prof. Dr. Lestari Handayani, M.Med yang dimuat di situs Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Apa saja ya manfaat yang bisa dipetik dari rutin meminum jamu beras kencur ini? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Pereda Rasa Nyeri

Terlalu sibuk bekerja dapat menyebabkan tubuh menjadi sakit dan nyeri, sehingga mengganggu aktivitas selanjutnya. Kandungan minyak atsiri pada jamu beras kencur menjadi zat analgesik alami bagi tubuh. Rutin meminum jamu ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri atau pegal linu. Selain itu, rasanya yang manis dan sedikit pedas memberikan rasa segar pada tubuh sehingga merasa lebih berstamina.

Pereda Batuk

Selain di Indonesia, khasiat kencur juga digunakan dalam pengobatan tradisional India. Jamu beras kencur memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengencerkan lender lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Manfaatnya yang juga untuk menghangatkan tubuh memberikan kenyamanan bagi penderita infeksi saluran pernafasan atas. Tidak jarang, banyak penyanyi yang meminum minuman tradisional ini untuk menjaga suaranya agar tetap jernih.

Pereda Mual

Kencur mempunyai beberapa senyawa penting yang memberikan efek penyembuhan, seperti acrid resin, minyak, kaempferid, galangin, alpinin, dan galangol. Ada 2 bahan utama yang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan yaitu galangol yang merupakan komponen berminyak dari kencur dan acrid resin. Salah satu efek yang didapat tubuh setelah mengonsumsi kencur adalah menaikkan suhu tubuh, mengurangi gas dalam proses pencernaan, dan meningkatkan sekresi asam lambung dalam saluran pencernaan. Manfaat inilah yang dipercaya masyarakat bahwa jamu beras kencur dapat meredakan mual karena mabuk perjalanan, menghentikan muntah, dan mengobati diare.
Menengok banyaknya manfaat yang diberikan oleh jamu beras kencur, tidak ada salahnya lho untuk memperkenalkan minuman tradisional ini kepada keluarga.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...