24.3.15

Bahan Tepat untuk Jus Sehat


- Bahan Bersih dan Segar

Pilih buah atau sayur segar sebagai bahan jus. Jangan memasak buah atau sayur sebelum dijus. hal itu akan mengurangi, bahkan menghilangkan kandungan gizinya. Selain itu, pilih buah atau sayur yang bebas dari kuman, bakteri, serta pestisida. Sebelum membuat jus, sebaiknya rendam bahan selama tiga menit dalam air hangat yang telah didihkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sayur atau buah yang steril.

- Porsi Air

Jika menggunakan blender, Anda tentu membutuhkan air untuk memudahkan proses pelarutan. Perhatikan porsi air yang akan ditambahkan. Misalnya, satu buah apel ukuran sedang perlu ditambahkan 200-250 cc air. Apabila Anda menambahkan es batu, jumlah air sebaiknya dikurangi. Sebab, penambahan es batu akan menambah volume air dalam jus. Es batu boleh saja ditambahkan sebagai penyegar. Namun, akan lebih baik jika jus dibuat tanpa es batu. Untuk menyegarkan jus, Anda bisa menyimpannya dalam lemari pendingin selama 2-4 jam.

- Hindari Bahan Tambahan

Sebaiknya Anda tidak menambahkan bahan tambahan, seperti gula dan susu, agar manfaat jus lebih maksimal. Gula mengandung kalori tinggi, sedang susu mengandung lemak tinggi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.
(Sumber Nyata)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...