7.3.15

Tips Mengakali Masakan yang Kelewat Pedas




Rasa pedas memang membuat nafsu makan meningkat. Bagi penggemar pedas, sensasi menyantap makanan dengan cabai atau lada yang banyak selalu membuat ketagihan. Banyak pula yang berpendapat bahwa cita rasa pedas mampu meningkatkan kelezatan masakan.

Namun, rasa pedas berlebihan juga tidak baik karena selain mampu mempengaruhi kesehatan pencernaan, rasa pedas berlebih juga dapat menutupi cita rasa bumbu serta bahan masakan lainnya.

Seringkali saat memasak, Anda menambahkan terlalu banyak cabai atau lada. Tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati masakan yang kelewat pedas. Berikut ini diantaranya seperti yang dilansir dari Food Beast.

Asam

Jika masakan Anda terlalu pedas, Anda dapat menambahkan rasa asam untuk menurunkan tingkat kepedasannya. Asam bisa didapat dari cuka, air perasan buah citrus seperti jeruk atau lemon, potongan nanas hingga saus tomat.

Sayuran

Nah, berbagai jenis sayur-sayuran seperti wortel, kentang, brokoli dan sebagainya juga bisa menjadi pilihan. Kandungan gula di dalam sayuran mampu melawan panas dari cabai. Selain itu, tekstur sayuran juga dapat membantu menyerap rasa pedas.

Kacang

Tergantung hidangan yang Anda masak, Anda juga dapat menambahkan kacang-kacangan atau saus kacang seperti tahini yang terbuat dari wijen. Kacang dapat membantu melembutkan rasa masakan yang terlalu pedas.

Manis

Rasa manis juga bisa dijadikan senjata andalan saat masakan kelewat pedas. Coba tambahkan satu sendok teh gula pasir atau madu untuk menurunkan tingkat kepedasan.

Kaldu

Jika Anda memasak hidangan berkuah seperti sup, Anda tinggal menambahkan lebih banyak air kaldu untuk menyiasati cita rasa yang terlalu pedas.

Produk olahan susu

Jika Anda belum tahu, produk olahan susu seperti yogurt, krim asam, susu, santan kelapa atau keju mampu menurunkan tingkat kepedasan masakan. Namun, berhati-hati lah agar tidak menambahkannya terlalu banyak karena akan mengubah keseluruhan cita rasa hidangan.
(Sumber viva.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...