5.3.15

Duh, Anakku Kenapa Sangat Suka Makan Ya?

 

 Mengenali kebiasaan makan anak dapat membantu menghindari si kecil dari obesitas yang mengancam di balik selera makannya.

Punya anak yang sangat suka makan, Bu? Sebaiknya Anda harus mulai mengontrolnya, karena dikhawatirkan si kecil kesayangan ini mengalami kelebihan berat badan. Hal ini tentu saja merupakan pertanda buruk bagi kesehatannya. Dia jadi malas beraktivitas karena untuk lari saja badannya sulit bergerak.
Penyebab si kecil memiliki nafsu makan berlebih bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya karena kebiasaan makan dari kecil. Jennifer Trachtenberg, MD, penulis GOOD KIDS, BAD HABITS mengungkapkan bahwa kebiasaan makan dari kecil bisa terbawa hingga dewasa, jadi lebih baik kendalikan pola makan si kecil dari sekarang. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk mengontrol kebiasaan makan si kecil. Simak ya, bu.

Atur jadwal

Si kecil tidak bisa berhenti ngemil? Coba atur jadwalnya. Dalam sehari, pastikan Anda hanya menyediakan cemilan di tengah hari, menjelang sore, dan sebelum tidur. Makanan yang disediakan pun harus sehat, seperti buah-buahan segar dan sayuran kukus. Jika ingin memberikan snack, pastikan bebas bahan-bahan kimia atau Anda bisa lho membuat cemilan sehat sendiri. Manfaatkan bahan-bahan di kulkas untuk membuat makan ringan lezat namun kaya nutrisi, seperti cake wortel, sale pisang, dan lain sebagainya.

Jauhkan dari pandangan

kebiasaan makan si kecil akan lebih terkontrol ketika dia tidak melihat makanan. Oleh karena itu, jauhkan semua makanan di rumah Anda dari pandangan si kecil setelah selesai makan. Pastikan tidak ada satupun makanan yang tergeletak di meja. Hal ini akan membuat si kecil tidak lapar mata. Jangan lupa juga untuk memodifikasi kulkas Anda. Singkirkan beraneka makanan ringan yang tidak memiliki gizi sehat. Sebagai gantinya, penuhi dengan buah segar, yoghurt, dan makanan sehat lainnya.

Makan bersama

Kebiasaan makan bersama akan menjauhkan si kecil dari makan berlebihan. Anda bisa mengawasi apa saja yang si kecil makan dan tidak perlu khawatir dia akan mengalami kelebihan berat badan. Sebaliknya, jika  Anda membiarkan si kecil makan sambil nonton TV, risiko si kecil mengalami kelebihan berat badan menjadi lebih besar.
Sebagai orang tua, Anda tidak boleh menyepelekan nafsu makan si kecil ya. Berikan dia perhatian agar pola makannya teratur dan jauh dari kemungkinan obesitas. Semoga informasinya bisa membantu ya Bu.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...