22.3.15

Kiat Pintar Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan

 

 Beberapa ikan yang dibeli kadang bau tanah atau lumpur. Atasi dengan cara berikut ini.

Pernah mengolah ikan yang dagingnya berasa seperti tanah atau berbau lumpur? Suka sebal ya jika mengalami hal ini. Jangan langsung patah arang dan kapok membeli ikan, Bu. Kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak menjadikan ikan sebagai salah satu makanan bernutrisi yang baik dimakan, terutama oleh si Kecil.
Banyak yang mengira bau tidak sedap itu timbul karena ikan tumbuh di lingkungan berlumpur. Sebenarnya, bau tanah pada ikan disebabkan oleh senyawa kimia geosmin yang dihasilkan oleh alga hijau biru dan bakteri Actinomyus.
Atasi ikan yang berbau lumpur dengan cara-cara praktis berikut ini.

Cuka

Setelah membersihkan sisik, jeroan dan isi perut ikan, cuci bersih menggunakan air mengalir. Masukkan ke dalam mangkuk dan tuang 1 cangkir cuka hingga merendam tubuh ikan. Diamkan kira-kira 15-30 menit, lalu cuci. Sifatnya yang antibakteri dan antibau dapat menghilangkan bau tak sedap di daging ikan, tanpa meninggalkan sisa bau dan rasa asam dari cuka.

Garam

Biasa digunakan pada ikan mas, garam punya sifat mengikat bau. Lumuri ikan yang sudah dibersihkan dengan garam hingga ke bagian perut, lalu simpan dalam kulkas agar garam dapat meresap dengan baik. Gunakan garam dengan takaran sesuai kebutuhan, cukup 1 sendok teh untuk 1 kilogram ikan. Setelah disimpan seharian, langsung cuci ikan dalam air mengalir untuk menghilangkan garam.

Rendam dalam Susu

Biasa digunakan pada ikan lele, metode merendam ikan dengan susu dapat mengurangi bau tanah dan amis. Bersihkan ikan dari sisik dan kulitnya yang jadi penyebab bau tak sedap dan memberikan tampilan yang lebih menarik. Potong-potong ikan menjadi beberapa bagian kemudian rendam dalam susu atau buttermilk. Tutup dengan plastik dan masukkan ke lemari pendingin selama sejam. Metode ini juga dapat memberikan rasa yang lebih gurih lho.

Teknik Menyayat Ikan

Teknik membersihkan ikan juga dapat menghilangkan bau tanah, terutama pada ikan lele. Buang isi perut hingga bersih karena menjadi sumber bau tanah. Buat sayatan dari bagian belakang kepala hingga ke belakang ekor mengikuti garis tulang, untuk memudahkan bumbu meresap dan menutupi rasa tidak sedap. Gunakan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, garam, dan bawang putih yang dihaluskan, kemudian dioleskan ke seluruh tubuh ikan. Biarkan meresap hingga minimal 30 menit. Selain menghilangkan bau tanah, ikan yang dimasak juga makin enak.
Menghidangkan menu ikan yang bergizi, lezat, dan bebas bau tanah sudah bukan hal yang sulit lagi ya, Bu.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...