19.3.15

Tips Tepat Memasak Tiram Lezat Tanpa Bau Amis

 

 Harganya yang lumayan mahal dan jarang ditemui membuat banyak penggemar seafood penasaran akan rasanya yang segar dan lezat.

Beruntungnya jika Anda pernah mencicipi daging tiram. Harganya yang lumayan mahal dan jarang ditemui membuat banyak penggemar seafood penasaran akan rasanya yang segar dan lezat. Selain dinikmati dalam keadaan segar di dalam cangkangnya, ada juga beberapa hidangan di mana tiram dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, dan dibakar.
Tapi penanganan tiram yang salah dapat membuat masakan berbau amis dan kurang sedap. Bagaimana ya tips yang tepat untuk mengolah tiram agar jauh dari bau amis? Simak penjelasannya berikut ini.

Cek Kesegaran Saat Membeli

Agar terjauh dari bau amis, beli tiram yang masih hidup dan disimpan di dalam atau di atas es. Cari cangkang tiram yang tertutup rapat atau jika sedikit terbuka, ketuk sedikit. Tiram yang masih hidup akan menutup dengan segera. Buang tiram yang cangkangnya terbuka karena akan membuat keseluruhan tiram menjadi bau dan tidak segar.

Menyimpan Tiram

Jika tidak segera dimasak, bersihkan cangkang dengan sikat dapur, letakkan dalam mangkuk, kemudian tutup dengan handuk basah, dan masukkan dalam lemari pendingin. Jangan hilangkan cairan di sekitar daging tiram ya agar dapat disimpan hingga 3 hari lamanya. Jika Ibu ingin memasak tiram di dalam cangkangnya cukup sikat di bawah aliran air dan bersihkan lapisan keras yang menempel di permukaan cangkang dengan pisau dapur.

Membuka Tiram

Sebelumnya, dinginkan tiram di freezer selama 1 jam atau lebih untuk mempermudah cara membukanya. Keluarkan dan diamkan beberapa menit sebelum memulai proses membuka tiram. Tahan tiram dengan tangan kiri dengan bantuan handuk atau sarung tangan untuk menghindari tergores pisau. Masukkan pisau khusus di antara cangkang atas dan bawah, lalu putar hingga sedikit membuka. Potong otot tiram dengan memutarnya berkeliling lalu buka cangkang, selipkan pisau di bawah daging tiram untuk melepaskannya dari cangkang.

Memasak Tiram

Saat menyiapkan tiram, tampung cairan yang ada di dalam cangkang karena akan memberikan rasa lezat dan asin, walau tanpa penambahan garam. Jika memiliki tiram hidup, kukus atau masukkan ke dalam microwave selama beberapa menit hingga cangkang terbuka, keluarkan dan gunakan untuk memasak. Untuk menghindari daging tiram menjadi keras seperti karet, masak perlahan dengan api kecil hingga tepian daging mulai mengerut. Pasangkan dengan bumbu-bumbu seperti thyme, biji adas, paprika, dan parsley.
Tiram bisa jadi alternatif sumber protein yang baik, rendah kalori dan lemak. Dalam 6 buah tiram mentah terdapat 4.8 gram protein, 43 kalori, dan 1.44 gram lemak. Ayo berbelanja tiram, Bu!
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...